5 Cara Menghilangkan Stres tanpa Keluar Uang Banyak

Baiq Nurul Nahdiat11 Okt 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 11 Okt 2021, 11:15 WIB
Cara Menghilangkan Stres tanpa Keluar Uang Banyak

Fimela.com, Jakarta Stres karena banyaknya pekerjaan dan beban pikiran adalah hal yang bisa dialami biasa saja. Terkadang kalau sudah stres, apa pun yang kita lakukan tidak terasa menyenangkan. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan stres dan tentu saja tanpa perlu keluar banyak uang.

Asal dilakukan secara rutin, cara ini bisa membantu kita menghilangkan stres dan kembali bahagia. Mau tahu caranya? Yuk, simak ulasannya di sini.

1. Tidur

Beban pikiran yang terlalu banyak membuat kita jadi stres, sehingga tidak bisa konsentrasi dan fokus saat bekerja, serta suasana hati jadi tak karuan. Kalau merasa seperti ini, coba hilangkan stresmu dengan tidur untuk menyegarkan badan dan pikiran, baik di siang atau malah hari. Terkadang pikiran kita jadi stres karena kurang istirahat.

2. Menuliskan perasaanmu

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi stres bisa dilakukan dengan menuangkan perasaanmu ke dalam tulisan. Siapkanlah sebuah buku catatan kecil dan tuliskan apa saja yang ingin kamu katakan. Jangan lupa juga untuk menuliskan hal-hal kamu syukuri setiap harinya karena dengan banyak bersyukur hidupmu akan jadi bahagia.

3. Mandi

Cara Menghilangkan Stres tanpa Keluar Uang Banyak
Cara Menghilangkan Stres tanpa Keluar Uang Banyak. (Ilustrasi/Shutterstock.com/Mix and Match Studio)

Mandi tak hanya membuat badan menjadi bersih dan nyaman. Dikutip dari Psychology Today, duduk di bawah pancuran air selama 2-3 menit bisa menjadi pengobatan alami untuk menghilangkan stres pikiran.

4. Membasahi tangan

Membasahi pergelangan tangan dengan air mengalir akan membantumu mendinginkan dan menyegargkan badan. Sehingga berdampak pada tubuh yang lebih segar dan rileks.

5. Mencium bau kopi

Cara Menghilangkan Stres tanpa Keluar Uang Banyak
Cara Menghilangkan Stres tanpa Keluar Uang Banyak. (ilustrasi/Photoroyalty/Shutterstock)

Dikutip dari Web MD, menurut penelitian minum dan mencium aroma kopi bisa berdampak pada gen-gen dan protein-protein dalam otak. Kadar sejumlah protein otak yang berubah bisa memberi efek menenangkan dan berfungsi sebagai antioksidan.

Selain dengan beberapa cara di atas, kamu juga dapat menghilangkan stres dengan mudah dengan mendengarkan musik, melihat pemandangan dari jendela, melakukan hal kecil yang menyenangkan, memecahkan bubble wrap dan sebagainya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela