5 Manfaat Bicara dengan Diri Sendiri, Bantu Jaga Kesehatan Mental

Hilda Irach12 Okt 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 12 Okt 2021, 20:30 WIB
5 Manfaat Bicara dengan Diri Sendiri, Bantu Jaga Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah berbicara dengan diri sendiri. Hal ini merupakan normal dan bukan menandakan ada kelainan jiwa di dalam diri sendiri. Bicara dengan diri sendiri justru memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental kita.

Dalam sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam The Quarterly Journal of Experimental Psychology, peneliti menunjukkan bahwa jika seseorang berbicara kepada diri sendiri, itu memberikan efek positif pada kesehatan mental.

Tak hanya itu, kebiasaan ini juga memungkinkan kamu untuk memiliki kinerja yang lebih baik karena kamu memiliki gambaran di pikiran. Lebih lanjut, berikut ini sederet manfaat berbicara dengan diri sendiri seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Mengurangi stres

5 Manfaat Bicara dengan Diri Sendiri, Bantu Jaga Kesehatan Mental
Bukan gangguan jiwa, bicara dengan diri sendiri justru bermanfaat untuk kesehatan mental. (pexels/pavel danilyuk).

Berbicara dengan diri sendiri dapat mengurangi stres. Pasalnya, hal tersebut memungkinkan kamu untuk mengatur pikiran dan memprioritaskan kewajiban yang harus dikerjakan.

Sehingga secara tidak langsung, ketika kamu berbicara dengan diri sendiri masalah-masalah dapat terselesaikan. Dengan begitu kamu bisa menjadi lebih rileks dan mampu menjalankan aktivitas dengan baik dan lancar.

2. Mengelola perasaan yang sulit

5 Manfaat Bicara dengan Diri Sendiri, Bantu Jaga Kesehatan Mental
Bukan gangguan jiwa, bicara dengan diri sendiri justru bermanfaat untuk kesehatan mental. (pexels/julia avamotive).

Beberapa emosi dan pengalaman sangat pribadi sehingga kamu mungkin tidak ingin membaginya dengan siapa pun, bahkan dengan orang yang kamu cintai, sampai kamu melakukan sedikit pekerjaan dengan mereka terlebih dahulu.

Meluangkan waktu untuk duduk dengan emosi-emosi ini dapat membantu kamu dan memisahkan kekhawatiran potensial dari kekhawatiran yang lebih realistis.

3. Mengorganisir pikiran dan meningkatkan daya ingat

5 Manfaat Bicara dengan Diri Sendiri, Bantu Jaga Kesehatan Mental
Bukan gangguan jiwa, bicara dengan diri sendiri justru bermanfaat untuk kesehatan mental. (pexels/miguel arcanjo saddi).

Manfaat berbicara pada diri sendiri yang pertama adalah kamu bisa lebih terbiasa dalam mengorganisir atau mengendalikan pikiran. Biasanya dalam keadaan yang menuntut kamu untuk berpikir secara cepat membuat otak terdistraksi dan berujung pada kacaunya pengendalian pikiran kamu.

Dengan berbicara pada diri sendiri dapat membuat kamu mampu untuk menentukan prioritas utama dalam memilih berbagai pikiran-pikiran yang banyak tersebut. Bahkan hal ini juga bisa membuat kamu lebih memperhatikan hal-hal kecil yang penting untuk hidup. Kamu juga bisa lebih memahami diri dan lingkungan dengan sering berbicara dengan diri sendiri.

4. Mengatasi rasa cemas

5 Manfaat Bicara dengan Diri Sendiri, Bantu Jaga Kesehatan Mental
Bukan gangguan jiwa, bicara dengan diri sendiri justru bermanfaat untuk kesehatan mental. (pexels/paola diaz).

Berbicara dengan diri sendiri juga bisa membantu kamu dalam mengatasi rasa cemas. Tentunya dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali hal yang membuat kamu merasa cemas, sebut saja saat akan bertemu bos yang sedang marah, saat presentasi di kelas bagi pelajar, serta saat bertemu calon mertua.

Saat-saat seperti itu tentunya kamu perlu motivator yang bisa menghilangkan rasa cemas tersebut. Kamu bisa menemukan motivator tersebut dalam dirimu sendiri. Berbicaralah dengan diri sendiri agar kamu lebih percaya diri dan tidak merasakan kecemasan.

5. Menambah motivasi

5 Manfaat Bicara dengan Diri Sendiri, Bantu Jaga Kesehatan Mental
Bukan gangguan jiwa, bicara dengan diri sendiri justru bermanfaat untuk kesehatan mental. (pexels/tirachard kumtanom).

Sejalan dengan mengatasi rasa cemas, nantinya bicara pada diri sendiri bisa menambah motivasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Kamu bisa menjadi motivator dirimu sendiri, dan membuang semua rasa cemas dan takut menghadapi sesuatu.

Dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya, kamu akan semakin termotivasi dan lebih bersemangat untuk menjalani tantangan yang menghadang.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela