6 Manfaat Sehat Makan Nasi Jagung

Febi Anindya Kirana17 Okt 2021, 12:15 WIB
Diperbarui 17 Okt 2021, 12:15 WIB
nasi jagung

Fimela.com, Jakarta Masyarakat Indonesia seringkali menjadikan jagung sebagai pengganti nasi atau alternatif variasi makanan berat sehingga tidak bosan hanya makan nasi putih saja. Meskipun sudah sangat biasa dijadikan campuran atau pengganti nasi, namun apa sajakah manfaat makan nasi jagung?

Dilansir dari WebMD dan Healthline, berikut ini sekian manfaat sehat makan nasi jagung.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sebagai biji-bijian utuh yang diolah menjadi lebih halus, nasi jagung memiliki vitamin, mineral dan antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi kerusakan sel dari radikal bebas di dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko anemia

Nasi jagung sangat kaya serat dan zat besi, sehingga dapat membantu menjaga tubuh dari kekurangan zat besi dan mengalami anemia. Nasi jagung juga mengandung asam folat. Kedua kebutuhan mineral ini sangat dibutuhkan ibu hamil maupun orang tua.

3. Mencegah katarak

jagung susu keju
ilustrasi jagung susu keju/photo copyright by Elena Veselova (Shutterstock)

Penelitian meta-analisis yang dimuat dalam The British Journal of Nutrition, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam nasi jagung dapat melindungi mata terhadap gangguan degeneratif seperti katarak.

4. Baik untuk yang sensitif gluten

Jagung bebas gluten. Umumnya orang bisa makan makanan berbasis gluten tanpa efek samping. Namun orang dengan penyakit celiac atau sensitif dengan gluten mungkin mengalami efek kembung, diare, sembelit, sakit perut, dan kelelahan.

5. Membantu menjaga kadar gula darah

Jagung memiliki kandungan gula yang rendah sehingga baik sekali dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi nasi jagung juga perlu diimbangi dengan asupan makanan lainnya yang rendah gula sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah.

6. Menjaga kesehatan kulit

Penelitian yang diterbitkan dalam Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology menemukan bahwa minum suplemen dengan kandungan lutein dan zeaxanthin mampu membantu mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit dari sinar ultraviolet.

Wah, jadi jangan ragu menjadikan nasi jagung sebagai alternatif pengganti nasi mulai sekarang ya Sahabat Fimela. 

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by