Berikut 5 Penyebab Tangan Berkeringat Jangan Anggap Sepele

Vania Al kautsar21 Okt 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 21 Okt 2021, 09:13 WIB
Tangan Berkeringat

Fimela.com, Jakarta Ketika kita akan berbicara didepan umum biasanya kita mengalami gugup atau nerveous hal ini yang akan membuat kita mengeluarkan keringat berlebihan, namun bagaimana dengan berkeringat di tangan? Apakah ada kaitannya dengan medis atau kesehatan dalam tubuh kita?

Hiperhidrosis merupakan keringat berlebih yang tidak normal dan selalu berhubungan dengan panas atau olahraga, biasanya jika kita berkeringat akan membasahi pakaian atau dapat mengelurakan lewat tangan. Ternyata terdapat perawatan hyperhidrosis yang dapat membantu mulai dengan antiperspirant dengan beberapa resep.

Jika tangan kamu berkeringat atau keringat yang berlebihan kamu dapat dikatakan mengalami hyperhidrosis, biaanya kondisi ini disertai dengan keringat tanpa alasan yang jelas. Mari kita bahsa mengenai apa saja penyebab tangan berkeringat:

Penyebab Tangan Berkeringat

Tangan Berkeringat
Ilustrasi Tangan Berkeringat Credit: pexels.com/Juan

Hiperhidrosis atau kelenjar keringat yang terlalu aktif akan memicu keringat yang berlebihan, hal ini juga tidak ada hubungannya dengan suhu ruangan serta aktivitas fisik. Meskipun kondisi ini tidak selalu serius namun hal ini juga dapat terjadi karena faktor keluarga atau secara turun temurun, beberapa kondisi dari tangan berkeringat :

  • Diabetes
  • Menopouse
  • Gula darah rendah
  • Tiroid
  • Serangan Jantung
  • Masalah sistem saraf
  • Infeksi

Namun ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan keringat berlebih seperti opioid, nah berikut beberapa komplikasi hiperdrosis :

  • Infeksi, beberapa orang yang berkeringat akan lebih rentan terhadap infeksi kulit.
  • Efek emosional, memiliki tangan yang lembab atau basah juga sedikit membuat kisa kesulitan di beberapa tempat.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat

Telapak Tangan dan Keringat Berkeringat
Telapak Tangan dan Keringat Berkeringat
  • Antiperspiran, biasanya hal ini dikaitkan dengan keringat di ketiak tetapi hal ini juga efektif untuk menghentikan keringat di berbagai area tubuh, termasuk tangan. Jika kamu memiliki masalah dengan keringat yang berlebih dapat mengoleskan antiperspirant ke tangan untuk mengurangi kelembabpan.
  • Baking Soda, ternyata baking soda dapat mengurangi tangan berkeringat lho. Karena baking soda memiliki sifat yang basa maka dapat mengurangi keringat dan membuat keringat cepat menguap. Caranya dengan mencampurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air untuk membuat pasta, kemudian kamu dapat menggosokan ke tangan selama 5 menit dan cuci bersih tangan.
  • Cuka Apel, sari cuka apel yang organik juga dapat membantu telapak tangan kamu yang berkeringan dengan menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh. Selain itu kamu dapat menyeka telapak tangan dengan cuka sari apel, dengan membiarkan semalam untuk efek terbaik.

Beberapa cara untuk mengatasinya juga dapat kamu coba lho, selain itu lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui apa saja penyebab dari tangan berkeringat.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela