Tidak Hanya Makanan Berikut 5 Penyebab Sariawan

Vania Al kautsar21 Okt 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 21 Okt 2021, 17:34 WIB
Sariawan

Fimela.com, Jakarta Sariawan merupakan infeksi jamur yang dapat tumbuh di mulut, tenggorokan, dan bagian tubuh lainnya. Sariawan juga dapat disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jenis jamur yang biasa disebut Candida, walaupun sariawan cukup mengganggu namun dapat diobati dengan beberapa pengobatan antijamur.

Sariawan pada mulut dapat terjadi ketika infeksi jamur berkembang di dalam mulut kamu, selain itu sariawan juga dapat terjadi pada setiap kalangan usia namun kamu perlu berhati-hati walaupun sariawan merupakan masalah yang sepele hal ini dapat menjadi penyebab masalah serius.

Beberapa orang dengan kekebalan sistem lemah dapat membuat sariawan menyebar ke bagian lain dan menyebabkan komplikasi yang berpotensi serius. Nah untuk itu kita perlu tahu apa saja penyebab sariawan:

1. Imunitas yang Melemah

Lelah
Ilustrasi Lelah/https://www.shutterstock.com/Leszek Glanser

Sariawan biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak dan lansia hal ini dikarenakan kekebalan tubuh yang kurang, selain itu beberapa kondisi dan perawatan medis juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh seperti kanker, transplantasi organ, HIV/AIDS, dan obat-obatan yang diperlukan untuk menekan sistem kekebalan.

2. Diabetes

Jika kamu menderita diabetes yang tidak dapat diobati ataupun penyakitnya yang tidak terkontrol dengan baik, mungkin air ludah akan mengandung banyak gula dan hal ini yang akan mendorong pertumbuhan candida (sariawan).

3. Infeksi Jamur Vagina

Selanjutnya ternyata infeksi saluran jamur vagina disebabkan oleh jamur yang sama seperti sariawan.

4. Obat-Obatan

Obat-Obatan
Ilustrasi Obat-Obatan/https://www.shutterstock.com/Andrii Avram

Obat-obatan seperti prednison, kortikosteroid inhalasi, atau obat antibiotic yang dapat mengganggu keseimbangan alami mikroorganisme dalam tubuh kamu yang dapat meningkatkan risiko sariawan.

5. Kondisi Mulut lainnya

Bagi kamu yang menggunakan gigi palsu, terutama gigi palsu atas, atau memiliki kondisi yang dapat menyebabkan mulut kering perlu kamu perhatikan bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko sariawan.

Cara Mengatasi Sariawan

Mengatasi Sariawan
Ilustrasi Mulut Bebas Sariawan Credit: pexels.com/Shiny
  • Membilas Mulut, Jika kamu menggunakan inhaler kortikosteroid pastikan untuk selalu berkumur dengan air atau menyikat gigi setelah minum obat.
  • Menyikat Gigi, siapa disini yang masih jarang menyikat gigi? Ternyata jika kamu membiasakan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan flossing setiap hari dapat mencegah sariawan.
  • Memeriksa Gigi Palsu, ternyata gigi palsu juga dapat menyebabkan sariawan. Jika kamu menggunakan gigi palsu sebaiknya untuk melepasnya di malam hari dan pastikan untuk memasangnya dengan benar dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Perhatikan Pola Makan, Selain beberapa penyebab sariawan diatas ternyata makanan juga bisa membuat kita sariawan maka dari itu sebaiknya kita untuk mencoba membatasi jumlah makanan yang mengandung gula.

Selain itu kamu dapat mencoba mengatasi sariawan dengan beberapa hal dibawah ini :

  • Berkumur dengan air garam.
  • Berkumur dengan larutan air dan soda kue.
  • Berkumur dengan air dan perasan lemon.

Selain itu kamu juga dapat mengatasi dengan makan yogurt yang mengandung bakteri atau dapat mengonsumsi suplemen probiotik. Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sariawan yang dapat kamu lakukan, namun kamu juga perlu memperhatikan penyebab dari sariawan yang kamu alami. Selalu perhatikan pola makan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan infeksi sariawan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela