6 Penyebab Sakit Telinga yang Perlu Kamu Tahu

Vania Al kautsar22 Okt 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 22 Okt 2021, 13:35 WIB
Gejala sakit telinga

Fimela.com, Jakarta Sakit telinga merupakan salah satu hal yang umum dan wajar terjadi oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Biasanya sakit telinga akan mempengaruhi salah satu telinga maupun kedua telinga, tetapi sebagian besar terjadi di satu telinga.

Namun kamu jangan khawatir biasanya sakit telinga akan hilang dengan sendirinya dan mungkin akan merasakan sakit yang berlebihan. Jika orang dewasa yang mengalami sakit kepala mungkin akan terkena demam dan gangguan pendengaran lainnya, namun jika anak kecil mengalami ini biasanya akan mudah rewel

Bagi kamu yang masih penasaran sebenarnya apa sih penyebab dari sakit telinga yang cukup mengganggu pendengaran kita, mari kita cari tahu penyebab sakit telinga :

 

1. Infeksi Telinga

Penyakit Bahaya di Balik Telinga Berdenging (Dora-zett/Shutterstock)
Penyakit Bahaya di Balik Telinga Berdenging (Dora-zett/Shutterstock)

Jika penyebab sakit telinga kamu keran infeksi telinga maka akan terdapat cairan encer seperti nanah yang akan keluar dari telinga, infeksi telinga luar akan terjadi pada saluran yang menghubungkan telinga luar dan gendang telinga, infeksi saluran tengan akan terjadi pada bagian belakang gendang telinga, hal inilah yang sangat umum jika kamu sedang sakit telinga.

Namun kamu jangan khawatir banyak infeksi telinga yang akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam beberapa hari maupun minggu, namun sebaiknya kamu dapat periksa ke dokter untuk perawatan lebih lanjut dan mendapatkan obat antibiotik.

2. Kerusakan pada Telinga

Sakit telinga juga dapat disebabkan oleh cedera pada bagian dalam telinga, seperti kotoran telinga dari saluran telinga yang menggunakan cotton bud atau penggunaan cotton bud yang terlalu jauh ke dalam telinga dan membuat gendang telinga rusak. Perlu kamu tahu bahwa saluran telinga sangat sensitif dan mudah rusak, sakit telinga akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan namun untuk menyembuhkan gendang telinga yang berlubang membutuhkan waktu hingga dua bulan.

3. Kotoran di Telinga

Nah siapa disini yang sering membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud? Penumpukan kotoran telinga maupun benda, hewan kecil yang biasanya tersangkut di dalam terlinga juga dapat menyebabkan telinga sakit lho.

Ternyata penggunaan cotton bud kurang tepat jika untuk membersihkan kotoran telinga, jangan mencoba untuk mengeluarkannya sendiri hal ini dapat mendorong lebih jauh ke dalam dan dapat merusak gendang telinga. Sebaiknya kamu ke apoteker terdekat dengan meminta rekomendasi obat tetes telinga untuk melunakkannya agar jatuh secara alami.

4. Infeksi Tenggorokan

Mengatasi Sakit Tenggorokan
Ilustrasi Sakit Tenggorokan Credit: shutterstock.com

Ternyata infeksi tenggorokan ada kaitannya dengan sakit telinga yang kita rasakan, hal ini juga dapat dikaitkan dengan rasa ketika kita menelan makanan. Jika kamu merasa sakit saat menelan makanan bisa jadi hal ini merupakan gejala infeksi tenggorokan seperti tonsillitis atau quinsy.

Beberapa jenis tonsillitis akan sembuh setelah beberapa hari tanpa perlu antibiotic, namun jika kamu memiliki quinsy maka perlu ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

5. Masalah Rahang

Sakit telinga biasanya juga dikaitkan dengan masalah pada sendi tulang rahang, hal ini yang biasanya dikenal sebagai nyeri sendi temporomandibular dan dapat disebabkan oleh masalag seperti radang sendi maupun sakit gigi. Kamu juga dapat mengatasinya dengan obat penghilang rasa sakit, kompres dengan air hangat maupun dingin.

6. Abses Gigi

Abses gigi merupakan kumpulan nanah yang dapat terbentuk di gigi maupun gusi akibat infeksi bakteri. Gejala utama dari abses gigi adalah rasa sakit pada gigi yang sangat intens dan dapat berdenyut, rasa sakit ini biasanya akan menyebar ke telinga.

Sebaiknya segera periksa ke dokter jika kamu mengelami rasa sakit yang berlebihan, atau adanya gangguan pendengaran di telinga. Jika hal ini tidak segera ditangani akan dikhawatirkan terkena masalah yang serius.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela