Selain Kulit Kering berikut 8 Penyebab Gatal Seluruh Badan

Vania Al kautsar24 Okt 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 24 Okt 2021, 17:15 WIB
Rasa Gatal di Paha

Fimela.com, Jakarta Kulit gatal merupakan salah satu hal yang membuat kita tidak nyaman dan menjengkelkan, membuat kita terus menggaruk bagian yang gatal. Ternyata kulit gatal biasanya disebabkan oleh kulit kering, hal ini biasanya terjadi pada orang dewasa karena kulit mereka cenderung lebih kering seiring bertambahnya usia.

Kulit yang terasa gatal biasanya akan memberikan efek yang kemerahan, kasar, dan terdapat benjolan kecil. Goresan berulang mungkin dapat menyebabkan area kulit tebal dapat terangkat dan akan berdarah maupun infeksi.

Jika kulit kamu terasa kering maka dapat menggunakan perawatan yang memiliki efek melembabkan, seperti menggunakan pembersih lembut dan mandi dengan air hangat. Tak hanya itu kamu juga dapat menggunakan krim obat dan obat anti gatal-gatal, namun disini kita akan membahas apa penyebab gatal seluruh badan.

1. Gigitan Serangga

Sering Digigit Nyamuk? Ini Dia Tips Agar Terhindar Dari Gigitan Nyamuk
Ini Dia Tips Agar Terhindar Dari Gigitan Nyamuk / copyright shutterstock

Ketika nyamuk menggigit kita maka akan menyebabkan kulit gatal, biasanya gatal karena gigitan nyamuk akan lebih cepat hilang. Namun apabila tungau yang menggigit kita saat tertidur maka rasa gatal tersebut akan bertahan lama dan tidak terkendali. Cara mengatasinya kamu harus tahu terlebih dahulu apa penyebab gatal yang kamu rasakan, setelah itu dapat mengoleskan krim anti gatal.

2. Kondisi Kulit

Biasanya seseorang yang memiliki kulit kering akan lebih sering merasakan gatal-gatal, tak hanya itu kodisi kulit kudis, luka bakar, dan luka bakar juga dapat menyebabkan gatal-gatal.

3. Alergi

Kulit kita akan mengembangkan reaksi alergi terhadap beberapa zat, salah satu zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi adalah nikel, yang biasa ditemukan di banyak produk yang biasa kita sentuh setiap hari.

Beberapa produk yang mengandung nikel yaitu ponsel, perhiasan, kacamata, resleting, dan ikat pinggang. Jika kamu mengalami reaksi alergi kemungkinan besar akan mengalami ruam dan gatal pada kulit yang tak terkendali.

4. Penyakit Dalam

Diabetes
Ilustrasi diabetes/https://www.shutterstock.com/New Africa

Gatal di seluruh tubuh dapat merupakan beberapa gejala dari penyakit yang mendasarinya, seperti penyakit hati, ginjal, anemia, diabetes, tiroid, dan limfoma.

5. Iritasi

Beberapa bahan kimia, wol, sabun, dan zat lainnya juga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam, gatal. Terkadang zat tersebut, seperti poison ivy atau kosmetik juga dapat menyebabkan reaksi alegri, reaksi itu juga dapat terjadi pada beberapa obat-obatan tertentu, seperti obat nyeri narkotik (opioid) yang dapat menyebabkan kulit gatal.

6. Pengobatan

Kulit gatal juga dapat menjadi efek samping dari penggunaan beberapa obat, seperti aspirin, obat pereda nyeri dengan memiliki resep opioid dan beberapa obat tekanan darah juga memiliki efek yang sama yaitu dapat menyebabkan kulit gatal.

7. Reaksi terhadap Tanaman atau Kehidupan Laut

Hobi Berenang
Ilustrasi Zodiak Pisces Credit: pexels.com/Haley

Tanaman (Poison Ivy) biasanya terkenal dapat menyebabkan gatal, namun jangan salah itu bukan satu-satunya tanaman yang dapat menyebabkan gatal. Jika kamu menyadari ternyata gatal yang disebabkan karena rekasi tanaman dapat berlangsung lebih lama.

Sedangkan gatal yang disebabkan oleh kehidupan laut, jika kita berenang di suatu kolam, danau, atau lautan. Maka parasit akan masuk ke kulit kita, hal ini yang biasa akan menimbulkan bintik-bintik merah kecil di kulit yang tidak tertutup pakaian renang.

8. Masalah Saraf

Ketika saraf tidak bekerja dengan baik maka akan menyebabkan kulit gatal, namun jika terdapat kerusakan di sepanjang saraf karena penyakit maupun cidera kamu juga dapat mengalami kulit gatal.

Itulah beberapa penyebab gatal yang harus kamu tahu, tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kulit agar terhindar dari gatal-gatal yang dapat menyerang.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela