5 Cara Sederhana Hilangkan Sakit Kepala

Baiq Nurul Nahdiat23 Okt 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 23 Okt 2021, 17:15 WIB
Cara Sederhana Hilangkan Sakit Kepala

Fimela.com, Jakarta Sakit kepala adalah penyakit yang umum terjadi pada semua orang. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyebab sakit kepala ini juga berbeda-beda. Ada yang disebabkan karena tubuh kekurangan cairan, kurang tidur, kelelahan, telat makan bahkan stres.

Cara paling umum untuk meredakan sakit kepala iala dengan minum obat tertentu untuk pereda nyeri. Namun kamu juga bisa mengobati sakit kepala dengan cara alami. Seperti beberapa cara berikut ini.

1. Kompres dingin

Jika kamu mengalami migrain, letakkan kompres dingin di dahi atau bungkus es batu dengan handuk dan mandi air dingin dapat meredakan rasa sakit kepala. Pertahankan kompres di kepala selama 15 menit, lalu istirahat.

2. Kompres panas

Jika mengalami sakit kepala tegang, letakkan bantalan panas di leher atau bagian belakang kepala. Mandi air hangat juga bisa meredakan sakit kepala sinus.

3. Mengurangi intensitas cahaya

Cara Sederhana Hilangkan Sakit Kepala
Cara Sederhana Hilangkan Sakit Kepala. (Ilustrasi/copyrightshutterstock/siro46)

Cahaya yang terlalu terang dapat menyebabkan sakit kepala migrain. Jika kamu rentan terhadap itu, sebaiknya tutup tirai jendela atau menggunakan kaca mata saat di luar ruangan. Hindari juga menggunakan lampu berkedip-kedip.

4. Kurangi mengunyah

Terlalu banyak mengunyah tidak hanya menyebabkan rahang jadi sakit tapi juga kepala. Hindari makanan yang renyah dan lengket atau boleh memakannya tapi dalam porsi kecil. Menggertakkan gigi pada saat tidur juga bisa memicu sakit kepala, sebaiknya gunakan pelindung mulut.

5. Konsumsi minuman berkafein

Cara Sederhana Hilangkan Sakit Kepala
Cara Sederhana Hilangkan Sakit Kepala. (ilustrasi/KaptureHouse/Shutterstock)

Minum minuman yang mengandung kafein dapat meredakan sakit kepala. Tetapi jangan sampai kebanyakan karena kalau kamu tak terbiasa malah bisa memperparah nyeri di kepala. Misalnya saat rasa sakit kepala mulai, minumlah sedikit teh atau kopi untuk meredakannya.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat membantumu untuk mengatasi nyeri kepala. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela