Jangan Sampai Terlena! Kenali Orang Manipulatif dan Ciri-Cirinya

Fimela Reporter26 Okt 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 11:15 WIB
Bertindak Manipulatif

Fimela.com, Jakarta Hubungan percintaan, persahabatan bahkan keluarga terkadang membuatmu merasa lelah, alih-alih membuat bahagia. Rasanya gundah ketika harus berhadapan dengan pasangan, sahabat atau keluarga akibat mereka kerap melakukan hal yang membuat seseorang merasa tidak berharga, bersalah dan perasaan negatif lainnya.

Jika merasakan hal demikian, bisa jadi hubungan yang sedang terjalin adalah hubungan manipulatif. Semua yang dialami merupakan alur cerita yang dibuat oleh orang manipulatif dengan sempurna demi meyakinkan orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Namun sayangnya, terkadang korban tidak sadar bahwa mereka sedang tertipu oleh para manipulator tersebut. Hal ini berbahaya jika tidak disadari sehingga dapat berdampak pada kesehatan mental seseorang. Sebelumnya, kenali terlebih dahulu apa itu manipulatif dan bagaimana ciri-cirinya, berikut Fimela rangkum dari Liputan6, Selasa (26/10/2021).

Apa Itu Manipulatif?

Ilustrasi Manipulatif
Ilustrasi Manipulatif/credit: pexels

Manipulatif merupakan sikap pengaruh yang dapat merugikan orang lain. Seseorang yang memanipulasi orang lain akan menyerang emosional dan mental korban agar mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Orang yang melakukan hal ini disebut sebagai manipulator. Mereka berupaya untuk menciptakan ketidakseimbangan kekuasaan dan memanfaatkan korban demi mendapat kendali, manfaat, kekuasaan hingga hak istimewa dari si korban. Manipulatif sendiri didefinisikan sebagai segala upaya dalam mempengaruhi emosi seseorang agar mereka bertindak sesuai apa yang diinginkan oleh sang manipulator tersebut.

Trik umum yang biasa digunakan manipulator adalah dengan membuat korban merasa tidak rasional dan cenderung menyerah pada permintaan mereka. Pada biasanya, manipulator akan menggunakan trik merasa bersalah, berbohong, mengeluh, membandingkan, menyalahkan hingga mempermainkan pikiran seseorang.

Ciri-Ciri Manipulatif

Ilustrasi Manipulatif
Ilustrasi Manipulatif/credit: pexels

Manipulatif bisa ditemukan dalam berbagai bentuk. Bahkan, terkadang apa yang dilihat baik bisa menjadi salah satu bentuk manipulatif tergantung pada niatnya. Ciri-ciri umum orang yang manipulatif, sebagai berikut:

- Mereka mengetahui kelemahan korban dan cara memanfaatkannya

- Mereka melawan korban dengan menggunakan rasa tidak aman

- Mereka meyakinkan para korban untuk mematuhi segala hal yang penting supaya korban kebergantungan pada mereka

- Ketika mereka berhasil dalam memanipulasi korban, mereka akan terus melakukan hal ini hingga korban dapat keluar dari hubungan tersebut

Aktif berbohong, membuat alasan terus menerus, menyalahkan orang lain, berbagi fakta dan menahan kebenaran juga menjadi ciri-ciri seorang manipulator. Dengan begitu, mereka memiliki kekuasaan dan merasa unggul atas korban. Hubungan manipulatif memiliki dampak yang berbahaya karena dapat merusak kesehatan mental serta emosional seseorang.

Ketika sedang merasakan hubungan yang cenderung manipulatif, Sahabat Fimela sebaiknya berusaha untuk menemukan jalan keluar yang aman, ya!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela