Sukses

Health

Kenali 5 Gejala dan Penyebab Penyakit Tipes yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Penyebab tipes atau demam tifoid merupakan infeksi bakteri yang dapat menyebar ke seluruh tubuh dan dapat mempengaruhi banyak organ. Namun tanpa pengobatan yang tepat dan cepat biasanya akan menyebabkan komplikasi serius dan dapat berakibat fatal.

Selain itu tipes juga dapat disebabkan oleh bakteri yang disebut salmonella typhi, yang terkait dengan bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan salmonella. Perlu kamu tahu bahwa demam tifoid ini dapat menular.

Namun kamu juga perlu tahu bahwa tipes biasanya dapat menyerang siapapun. Baik anak-anak maupun dewasa. Nah untuk itu kamu juga perlu mengetahui apa saja penyebab tipes. Berikut beberapa gejala dan penyebab tipes yang perlu kamu tahu:

Penyebab Penyakit Tipes

Kebanyakan orang setalah melakukan perjalanana jauh ia biasanya akan membawa bakteri maupun virus. Setelah mereka terinfeksi mereka dapat menyebarkan ke orang lain. Hal ini berarti bahwa Salmonella Typhi dapat ditularkan dalam tinja dan kadang-kadang dalam urin orang yang terinfeksi.

Namun jika kamu makan, makanan yang telah ditangani oleh seseorang yang menderita demam tifoid dan tidak mencuci tangan dengan hati-hati, maka hal ini akan dikhawatirkan kamu dapat terinfeksi.

Bakteri penyebab tipes juga terdapat pada makanan atau minuman yang terkontaminasi, kemudian bakteri tersebut akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan bertambah banyak. Hal ini juga dapat menimbulkan beberapa gejala sakit tipes, seperti demam tinggi, diare, dan nyeri perut.

Gejala Penyakit Tipes

Gejala biasanya akan dimulai antara 6 dan 30 hari setelah terpapar bakteri. Dua gejala utama tipes adalah demam dan ruam. Berikut beberapa gejala lainnya:

1. Demam

Demam tifoid sangat tinggi, secara bertahap akan meningkat selama beberapa hari hingga 39-40 derajat celcius. Seseorang yang akan atau sedang mengalami tipes biasanya akan mengalami demam yang sangat tinggi.

2. Ruam

Tak hanya demam, terkadang seseorang yang mengalami tipes akan terdapat bintik-bintik berwarna merah. Terutama pada daerha leher dan perut. 

3. Batuk dan Pilek

Demam biasanya akan disertai oleh batuk. Gejala lainnya dari tipes adalah batuk dan pilek, batuk yang dirasakan biasanya tidak berdahak.

4. Nyeri Kepala

Nyeri kepala merupakan salah satu gejala yang paling sering dialami oleh beberapa orang yang akan mengalami tipes. Biasanya mereka akan merasakan nyeri kepala yang tak tertahankan.

5. Diare

Sebagian orang lainnya akan mengalami diare. Namun beberapa diantaranya akan merasakan kesulitan membuang air besar. Hal ini juga kerap dialami oleh sebagian orang yang akan terkena tipes.

Faktor Risiko Penyakit Tipes

Demam tifoid merupakan ancaman yang serius di seluruh dunia dan dapat mempengaruhi sekitar 27 juta orang atau lebih setiap tahunnya. Biasanya penyakit ini akan menyerang anak-anak, meskipun orang dewasa akan lebih sering memiliki gejala tipes. Berikut beberapa faktor risiko penyakit tipes:

  • Memiliki kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi atau baru saja terinfeksi demam tifoid.
  • Minum air yang tercemar oleh limbah yang mengandung Salmonella typhi.
  • Bekerja atau bepergian ke suatu daerah yang terdapat penularan tifoid terjadi.

Nah itulah beberapa penyebab dan gejala tipes yang perlu tahu. Semoga informasi diatas dapat berguna dan dapat menambah pengetahuan mengenai tipes. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading