Sukses

Health

Indonesia Terima Donasi 1,2 Juta Vaksin AstraZeneca dari Australia

Fimela.com, Jakarta Vaksin AstraZeneca donasi Pemerintah Australia kembali tiba Indonesia pada Kamis, 11 November 2021 malam dalam tahap kedatangan ke 120. Kali ini, jumlah vaksin AstraZeneca yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sebesar 1,2 juta dosis.

"Pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Australia atas kedatangan vaksin ini," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Jumat (12/11/2021).

Sebelumnya, Indonesia juga telah menerima donasi vaksin COVID-19 AstraZeneca dari Pemerintah Australia pada Rabu, 20 Oktober 2021 dalam jumlah yang sama, 1,2 juta dosis.

"Ini sekaligus menunjukkan dekat dan eratnya hubungan kedua negara tetangga ini, termasuk dalam upaya penanganan pandemi. Kerja sama antar negara-negara di dunia sangatlah penting dalam upaya penanganan COVID-19, yang telah memakan sangat banyak korban jiwa," lanjut Usman.

Indonesia turut berpartisipasi dalam upaya pengembangan dan transfer pengetahuan vaksin COVID-19 untuk kawasan Asia Pasifik. Indonesia juga berperan aktif dalam upaya memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi negara-negara di dunia.

Vaksinasi COVID-19 Bisa Semakin Cepat

Di dalam negeri, Usman Kansong menambahkan, Indonesia terus melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi COVID-19.

Kondisi geografis dan banyaknya jumlah penduduk merupakan tantangan tersendiri untuk bisa segera mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).

Jelang akhir tahun 2021, Pemerintah Indonesia akan makin meningkatkan upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi, sehingga target yang telah dicanangkan bisa tercapai. Dibutuhkan kerja sama dan peran serta semua elemen agar program vaksinasi nasional bisa semakin cepat dan luas.

"Yang terpenting adalah peran serta dan partisipasi masyarakat. Bersamaan dengan itu, Pemerintah tak lupa mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar Usman.

 

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Fitri Haryanti Harsono

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading