Sukses

Health

5 Manfaat Sehat Jika Kamu Suka Makan Seafood

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali makanan sehat yang ada di dunia ini, salah satunya yang paling sehat dan juga enak adalah seafood atau makanan laut. Ada banyak sekali makanan laut yang biasanya dikonsumsi seperti ikan tuna, lobster, cumi, gurita, udang, kerang dan lainnya.

Beberapa orang di luar sana mungkin mengalami alergi jika makan makanan laut, namun jika kamu termasuk yang doyan makan seafood, ini manfaat yang bisa kamu ambil.

1. Penuhi nutrisi tubuh

Makanan laut, baik ikan, udang, maupun kerang-kerangan, memiliki kandungan gizi yang tinggi. Bukan hanya tinggi protein namun juga tinggi vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, selenium, zat besi dan seng.

2. Turunkan risiko penyakit jantung

Kandungan gizi seafood juga sangat baik dalam menjaga kesehatan kardiovaskular. Meskipun perlu dibatasi pula porsinya, karena kalau terlalu banyak dan sering makan seafood, justru bisa meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Kandungan EPA dan DHA (asam lemak omega-3) terutama berperan kuat dalam menjaga kesehatan jantung.

3. Mencegah penuaan dini

Karena kandungan vitamin E yang tinggi dan rendah lemak, jika diolah dengan benar, maka seafood sangat baik dalam memperlambat tanda-tanda penuaan dini seperti garis kerut di wajah, kulit kusam, noda-noda hitam di wajah, kulit terlalu kering, dan sebagainya. Kulit akan terasa lebih segar dan halus.

4. Menjaga kesehatan otak

Makanan laut merupakan sumber utama asam lemak omega-3, terutama asam lemak omega-3 asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Asam lemak omega-3 dikenal sangat baik dalam meningkatkan kesehatan otak dan menjaga fungsi optimal otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan makanan laut bermanfaat bagi kesehatan sistem saraf.

5. Mencegah depresi

Umumnya ikan-ikan laut juga kaya akan vitamin D, yang sangat baik dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko mengalami depresi. Jadi konsumsi seafood sangat baik dalam memenuhi kebutuhan vitamin D dan mengurangi risiko depresi.

Jadi, bersyukurlah jika doyan makan seafood, karena itu manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading