Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Penyakit Asam Lambung yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Asam lambung adalah penyakit yang menyerang pencernaan. Penyakit ini sering disebut dengan nama media yaitu GERD atau gastroesophageal reflux disease. Seseorang yang mengalami asam lambung ini, akan merasakan gejala nyeri di bagian perut, panas di dada, sering muntah, terasa mual, sakit tenggorokan saat menelan, dan tubuh menjadi lemah.

Penyakit asam lambung ini tidak boleh disepelekan begitu saja. Karena kalau gejalanya tidak segera diobati, asam lambung akan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Bahkan penyakit ini dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Ada beberapa penyebab asam lambung, salah satunya adalah disebabkan karena salah mengonsumsi makanan tertentu. Makanan tersebut bisa menyebabkan asam lambung naik dan memperparah kondisi tubuh. Berikut beberapa makanan penyebab asam lambung yang harus di hindari:

Makanan Penyebab Penyakit Asam Lambung

1. Kafein

Makanan penyebab penyakit asam lambung yang pertama, adalah makanan yang mengandung kafein. Kafein memiliki pengaruh sebagai penyebab refluks dan tidak baik untuk sistem pencernaan. Kafein biasanya terdapat pada kopi atau teh. Untuk itu hindari mengonsumsi kafein setiap hari, dan jika mengonsumsi kafein, jangan lupa perbanyak mengonsumsi air putih.

2. Cokelat

Cokelat adalah makanan yang dianggap bisa membantu menghilangkan stres. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi cokelat, bisa menyebabkan penyakit asam lambung dan mengganggu fungsi sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena cokelat memiliki kandungan kafein dan tinggi lemak.

3. Makanan Tinggi Kolesterol

Makanan tinggi kolesterol merupakan makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Karena makanan tinggi kolesterol mengandung lemak jenuh, yang menyebabkan pengosongan lambung dan memicu naiknya asam lambung di dalam tubuh. Selain itu, makanan tinggi kolesterol juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Makanan Penyebab Penyakit Asam Lambung

4. Makanan yang Terlalu Pedas

Banyak orang sangat menyukai makanan padas, karena bisa menggugah selera, meningkatkan nafsu makan dan memberikan sensasi enak di mulut. Tetapi mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, bisa menyebabkan penyakit asam lambung dan memicu perut mulas.

5. Makanan Terlalu Asam

Makanan yang terlalu asam juga tidak boleh dikonsumsi orang yang memiliki penyakit asam lambung. Karena kandungan asam di dalam makanan, bisa meningkatkan produksi asam di dalam lambung. Beberapa makanan yang terlalu asam adalah jeruk, lemon, nanas, hingga tomat.

Minuman Penyebab Penyakit Asam Lambung

6. Soda

Selain makanan, beberapa kandungan minuman juga bisa menyebabkan penyakit asam lambung, seperti minuman bersoda. Karena di dalam soda terdapat gula tambahan, yang bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dan membuat perut kembung.

7. Alkohol

Alkohol adalah minuman yang harus dihindari, karena selain menyebabkan penyakit asam lambung, minuman ini bisa menyebabkan kerusakan sistem saraf, meningkatkan tekanan darah, menyebabkan penyakit jantung, dan juga stroke.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading