Sukses

Health

Menurut Dokter Kulit, Ini Bintik-Bintik di Kulit yang Harus Kamu Khawatirkan

Fimela.com, Jakarta Bintik-bintik di kulit wajah memang sedang populer beberapa waktu belakangan, karena dianggap membuat tampilan lebih segar dan manis. Faktanya, pigmentasi apapun yang terkait dengan matahari, bisa merusak.

Menurut Skin Cancer Foundation, lebih banyak orang yang didiagnosis menderita kanker kulit setiap tahun, daripada gabungan semua kanker lainnya. Dilansir dari byrdie.com, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dari bintik-bintik yang muncul di kulit.

Bintik-bintik mungkin bukan indikasi kesehatan

Walaupun benar vitamin D dari matahari bisa baik untuk tubuh, bintik-bintik yang muncul karena matahari bisa sangat berbahaya. Mereka mungkin terlihat sehat, tapi sebenarnya adalah tanda kamu terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Munculnya bintik-bintik yang secara teknis disebut efelida adalah tanda paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit yang tidak terlindungi. Bintik-bintik ini hanya muncul di area kulit yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, lengan, tangan, dan bahu, serta ini menandakan mekanisme pertahanan.

Saat terkena sinar matahari, kulit bereaksi dengan memproduksi melanin untuk melindungi lapisan kulit yang lebih dalam dan DNA dari kerusakan akibat sinar UV. Namun, bintik-bintik tidak selalu berarti bahaya dan harus dibedakan dari tanda lain yang lebih mengkhawatirkan dan permanen.

Di bawah mikroskop, bintik-bintik memiliki jumlah normal sel penghasil pigmen yang menghasilkan pigmen dalam jumlah ekstra. Bintik-bintik akibat matahari dikenal sebagai lentigines, berkembang di kemudian hari sebagai akibat paparan sinar matahari, tidak memudar.

Yang perlu diingat adalah bintik-bintik merupakan penanda paparan sinar matahari dan kerusakan akibat sinar UV yang bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

 

Awasi bintik-bintik yang muncul dari waktu ke waktu

Walaupun sebagian besar bintik-bintik tidak berbahaya, penting untuk tetap mengawasinya. Bintik-bintik ini sendiri tidak menandakan kanker kulit, tapi semakin banyak bintik yang muncul, semakin besar kemungkinan untuk mengembangkan kanker kulit di kemudian hari.

Ambil langkah-langkah keamanan yang sesuai

Ambil tindakan pencegahan yang tepat dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan. Seperti keluar rumah dengan topi bertepi lebar, kacamata hitam, mencari tempat teduh, mengonsumsi makanan anti inflamasi, dan kaya antioksidan, serta tabir surya berbasis mineral.

Bahkan paparan sinar matahari insidental dalam jumlah kecil memiliki efek pada kulit seumur hidup. Melindungi kulit adalah pekerjaan seumur hidup, tapi juga akan menghasilkan hasil jangka panjang.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading