Sukses

Health

Jangan Abai, Berikut 8 Cara Pencegahan Covid-19

Fimela.com, Jakarta Covid-19 sudah hampir terjadi selama dua tahun dan telah menelan banyak korban jiwa. Penyebabnya ialah coronavirus jenis baru yang disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV).

Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).

Sejumlah studi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2 terus bermutasi. Hasil mutasi ini menyebabkan virus semakin mudah menular dan menginfeksi tubuh dengan gejala yang parah. Beberapa varian baru hasil mutasi virus corona diantaranya varian Delta, varian Alpha, varian Gamma, dan varian Lambda.

Meski saat ini angka positif dan kematiannya sudah mulai menurun namun pandemi belum berakhir. Bahkan, diperkirakan akhir tahun khasus positif covid-19 akan kembali meningkat.

Untuk itu, masyarakat harus tetap memperketat protokol kesehatan agar tak terinfeksi virus corona yang semakin mudah menular. Selain protokol kesehatan, berikut ini beberapa pencegahan Covid-19 yang bisa dilakukan untuk diri sendiri dan orang terdekat, melansir laman Kementerian Kesehatan.

Pencegahan Covid-19

1. Menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas atau kekebalan tubuh meningkat dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan sehat, serta vitamin.

2. Mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol. Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.

3. Jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain. Jika terlalu dekat, dapat menghirup droplet dari orang yang mungkin menderita COVID-19. Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan).

4. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah). Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika sakit atau saat sedang keluar rumah.

5. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan.

6. Tetap dirumah, hindari kontak dengan orang lain dan bepergian ke tempat umum. Hindari bepergian ke luar rumah saat merasa kurang sehat, terutama jika merasa demam, batuk dan sulit bernapas. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka. Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya pernah melakukan perjalanan terutama ke negara atau wilayah terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama.

7. Ikuti vaksinasi ketika giliranmu. Ikuti panduan setempat terkait vaksinasi.

8. Terpenting gunakan masker kemana pun sahabat Fimela pergi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading