Sukses

Health

5 Tanda Kekurangan Vitamin yang Bisa Dilihat dari Wajah dan Rambut

Fimela.com, Jakarta Konsumsi makanan bergizi dan kaya vitamin sangat penting untuk tubuh yang sehat. Dengan asupan vitamin yang cukup dalam tubuh, maka metabolisme dapat berjalan dengan baik.

Pasalnya, kekurangan vitamin atau nutrisi tertentu dapat berpengaruh pada fungsi tubuh hingga menyebabkan masalah kesehatan. Untuk itu, penuhilah kebutuhan vitamin agar tubuh sehat dan kamu mampu melakukan berbagai aktivitas.

Seseorang yang kekurangan vitamin umumnya mengalami sejumlah gejala dan perubahan tertentu. Tak hanya dari tubuh, kekurangan vitamin juga bisa dideteksi melalui wajah kita.

Lantas, apa saja tanda-tanda kekurangan vitamin yang bisa dilihat dari wajah? Dilansir Times of India, berikut selengkapnya.

1. Jerawat dan kulit kering

Jerawat dan kulit kering umumnya disebabkan oleh berbagai perubahan hormonal, akumulasi kotoran, serta kuman. Selain itu,

Namun ternyata, kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan jerawat dan kulit kering. Tingkat kekurangan vitamin A dan E dapat menyebabkan pembentukan  jerawat di wajah kamu.

Sedangkan, tingkat kekurangan vitamin B12 dapat membuat kulitmu terlihat pucat dari sebelumnya.

2. Mata bengkak

Selain disebabkan oleh alergi, mata bengkak yang terjadi setiap bangun tidur di pagi hari juga dapat mengindikasikan kurangnya kadar yodium dalam tubuh kamu.

Penelitian telah menghubungkan kekurangan yodium dengan penyakit tiroid, yang seringkali dapat menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan yang tidak menentu, dan mata bengkak.

3. Gusi berdarah

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh dan kesehatan kita. Salah satu tanda yang harus diwaspadai adalah gusi berdarah, yang juga dikenal sebagai ‘scurvy’.

Untuk itu, pastikan kamu mengonsumsi banyak vitamin C. Adapun makanan yang kaya akan vitamin C adalah jeruk, lemon, kangkung, kentang, hingga brokoli.

4. Bibir pucat

Waspada, bibir pucat bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan dan kekurangan vitamin dalam tubuh kita.

Umumnya, bibir pucat merupakan salah satu gejala anemia yang paling umum, suatu kondisi yang terjadi karena rendahnya kadar sel darah merah dalam tubuh.

Rendahnya, kadar zat besi dalam tubuh inilah yang menyebabkan kurangnya jumlah sel darah merah, sehingga sulit untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit dan bibir.

5. Rambut kering dan rusak

Memiliki rambut kering dan rusak bisa menjadi pertanda kekurangan biotin atau vitamin B7 dalam tubuh.  Biotin adalah nutrisi yang membantu menjaga rambut kamu tetap ternutrisi.

Tingkat biotin yang rendah menyebabkan rambut kering dan berketombe. Selain itu, kekurangan biotin juga dapat menyebabkan kuku rapuh dan rambut menipis.

Adapun makanan yang mengandung vitamin B7 tinggi adalah daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, hingga kacang-kacangan.

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading