11 Makanan yang Justru Bikin Perut Makin Lapar

Febi Anindya Kirana24 Nov 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 25 Nov 2021, 10:49 WIB
roti tawar-kezo

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali makanan enak dan menggugah selera di dunia ini, tapi tidak semuanya sehat dan menyenyangkan. Beberapa makanan justru hanya akan memberikan asupan kalori tapi malah membuatmu cepat lapar lagi. Makanan seperti inilah yang tidak sehat dan seharusnya dihindari. Dilansir dari Health, ini beberapa makanan yang justru bikin perut lapar.

1. Roti tawar

Roti tawar sangat tinggi kalori dan karbohidrat sederhana namun tidak mengenyangkan dan justru menambah nafsu makan. Penelitian dari Spanyol bahkan menemukan bahwa orang yang rajin makan 1-2 lembar roti tawar 40% cenderung mengalami kegemukan bahkan obesitas.

2. Jus buah

Biasanya jika membeli jus buah di luar, ada banyak sekali tambahan gula sehingga jus tidak lagi sehat. Karena jus juga menghancurkan serat buah, perut tidak akan merasa kenyang meski sudah meminum segelas penuh.

3. Kerupuk keripik

Camilan renyah asin gurih ini sayangnya hanya memuaskan keinginan mengunyah makanan tapi tidak membuat perut kenyang. Baik kerupuk dan keripik justru menumpuk kalori dan garam di dalam tubuh.

4. Makanan cepat saji

Resep Pizza Kentang
Resep Pizza Kentang/Shutterstock.com/sri widyowati

Makanan cepat saji termasuk pizza, burger, hotdog, sosis, nugget, sandwich dan lain sejenisnya. Bukan hanya tinggi lemak dan kolesterol, karena komposisinya yang rendah serat, makanan cepat saji tidak mengenyangkan.

5. Mie instan

Mie instan memang enak sekali dimakan kapan saja, tapi tidak akan menyangkan karena tidak mengandung serat. Mie instan hanya tinggi kalori dan garam.

6. Pasta

Makan pasta memang enak, tapi seperti mie instan, makanan dari bahan tepung ini sama sekali tak mengenyangkan. Kalau pun merasa kenyang, itu pun hanya bertahan sebentar.

7. Sushi

Sushi biasanya lebih tinggi serat dari makanan junk food, tapi tetap rendah serat jika dibandingkan sayur dan buah-buahan segar. Sushi biasanya juga disajikan beberapa potong saja, jelas tidak mengenyangkan.

 

8. Bubur nasi

bubur ayam
ilustrasi bubur nasi/copyright by Meowsom3 (Shutterstock)

Makan bubur nasi memang enak tapi meskipun cenderung sehat, tapi biasanya seratnya sedikit. Pada dasarnya nasi sudah sedikit serat, dijadikan bubur justru makin rendah serat.

9. Sereal

Sereal memang enak dijadikan sarapan tapi tidak mengenyangkan dan justru hanya meningkatkan konsumsi gula atau kalori. Sereal bahkan lebih cocok dijadikan camilan.

10. Lontong

Makanan apa pun yang disantap menggunakan lontong dan disiram kuah biasanya tidak akan membuatmu kenyang. Bawaannya pasti lapar lagi karena kandungan seratnya rendah.

11. Biskuit

Makan biskuit atau cookies juga bisa meningkatkan nafsu makan karena keinginan makan itu dipicu karena manis dan renyahnya tekstur biskuit.

Jadi, jika ingin makan enak sekaligus kenyang sehingga tidak menambah kalori masuk ke tubuh, hindari makan makanna di atas ya.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela