Sukses

Health

Alasan Perempuan Hamil Sering Menangis di Tiap Trimester

Fimela.com, Jakarta Masa kehamilan pasti memberikan banyak pengalaman unik dan berkesan bagi sebagian besar perempuan. Salah satunya adalah mengalami banyak perubahan secara emosional. Percaya atau tidak, ketika kamu hamil, kamu jadi lebih sering menangis atau cengeng.

Dilansir dari Healthline, ternyata ada beberapa penyebab mengapa perempuan jadi sering menangis selama hamil. Penyebab itu dibedakan berdasarkan trimestes kehamilan.

 

1. Trimester pertama

Setiap perempuan mungkin mengalami hal yang berbeda, ada yang mudah sekali menangis sepanjang kehamilan, dan ada juga yang hanya di trimester pertama.

Menangis di trimester pertama adalah hal yang wajar karena tubuh mengalami perubahan sekresi hormon. Tingkat estrogen dan progesteron yang lebih tinggi selama trimester pertama umumnya menjadi penyebab beberapa perubahan suasana hati, yang ditandai dengan lekas marah dan sedih. Pemicu kesedihan, kecemasan dan ketakutan itu juga dipicu oleh perubahan besar dalam hidup itu sendiri.

2. Trimester kedua dan ketiga

Memasuki trimester kedua dan ketiga, hormon masih fluktuatif dan tidak stabil sehingga masih dapat mengganggu suasana hati. Kamu tetap akan rentan menangis di trimester ini.

Namun dibandingkan perubahan hormon, perempuan cenderung mengalami peningkatan kecemasan karena mengkhawatirkan banyak hal. Akibatnya, beberapa perempuan mungkin merasa lebih gelisah pada trimester kedua. Jika sudah seperti ini, stres dan frustrasi sehari-hari yang normal juga bisa memicu rasa sedih dan menangis.

Ditambah, jika kehamilan itu adalah kehamilan anak pertama, efeknya terasa lebih dahsyat dibandingkan anak kedua dan seterusnya. Sesuatu yang menegangkan akan terjadi selalu memenuhi pikiran dan kecemasan itulah yang membuat perempuan hamil lebih sensitif.

Jadi jangan heran Moms jika menjadi sangat cengeng selama hamil, karena ternyata itu dia alasan dirimu jadi sering menangis.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading