5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Butuh Liburan

Baiq Nurul Nahdiat27 Nov 2021, 17:05 WIB
Diperbarui 27 Nov 2021, 17:05 WIB
Tanda kamu butuh liburan

Fimela.com, Jakarta Kapan terakhir kamu liburan? Di sela-sela aktivitas yang padat, liburan tak boleh kita lupakan, lho. Menurut para psikolog, liburan bisa menguragi tingkat stres. Liburan juga dapat berfungsi mengurangi kelelahan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan mental dan fisik, jadi tak bisa diabaikan.

Berikut ini ada lima tanda kalau sedang mengalami kelelahan berlebih dan butuh liburan.

1. Sering muncul perasaan negatif

Tanda pertama kalau kamu butuh istirahat dan liburan ialah mengalami kesulitan untuk mengumpulkan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan. Kamu merasa semua orang dan segala hal tentang pekerjaan mengganggumu. Jika pikiran negatif ini merasuki pikiranmu mungkin kamu memang sedang butuh liburan dan istirahat yang cukup.

2. Banyak melakukan kesalahan

Sesekali melakukan adalah hal yang biasa tapi jika terlalu sering melakukan kesalahan, ini mungkin tanda kalau kamu butuh liburan atau hiburan. Saat stres, pikiran akan jadi tidak fokus dan kesulitan memerhatikan banyak hal. Sehingga ini juga akan menganggu kinerjamu.

3. Sulit istirahat

Tanda kamu butuh liburan
Tanda kamu butuh liburan. (ilustrasi/Nata Bene/Shutterstock)

Setelah kita sibuk melakukan aktivitas sehari-hari, istirahat adalah hal yang kita butuhkan. Tapi kalau kamu tidak bisa istirahat setelah sibuk seharian, itu mungkin berarti kamu sedang mengalami kelelahan yang sangat berat. Stres berat yang kamu alami itulah yang membuat tubuhmu sulit merasa rileks.

4. Sakit fisik

Jika kamu sering merasa cemas berlebih saat bekerja, tubuh aka melepaska hormon stres yang berasal dari pikiran. Hal ini tidak hanya menyerangmu secara mental tapi juga secara fisik, seperti peningkatan tekanan darah, berkeringat, pusing bahkan mual. Ini memang tanda kalau butuh segera istirahat untuk mengembalikan energi.

5. Tidak bersemangat

Tanda kamu butuh liburan
Tanda kamu butuh liburan. (ilustrasi/copyright Shutterstock)

Tidak semua orang mencintai pekerjaannya. Namun, jika kamu memulai pekerjaan yang sekarang kamu pegang dengan riang gembira, kenapa tiba-tiba justru tidak bersemangat untuk datang ke kantor? Hilangnya antusiasme pada suatu aktivitas atau pekerjaan yang kamu cintai juga menjadi salah satu tanda stres.

Cuti atau libur sejenak dari pekerjaan itu adalah hal yang tak boleh disepelekan. Liburan tidak hanya berarti pergi ke suatu tempat, namun melakukan hobi, meluangkan waktu untuk bertemu orang lain, membaca buku dan sebagainya adalah cara untuk mengistirahatkan diri yang tepat untuk mengembalikan energi.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela