7 Penyebab Jerawat di Pipi Kanan dan Obat untuk Mengatasinya

Kezia Prasetya Christvidya29 Nov 2021, 10:12 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 10:56 WIB
jerawat-kezo

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang biasanya muncul di area dahi, hidung dan dagu, karena di area tersebut terdapat produksi minyak berlebih dan rentan tumbuhnya jerawat.

Selain itu, jerawat juga bisa muncul di pipi bagian kanan akibat pola hidup yang kurang bersih. Jerawat di pipi kanan ini sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa kepercayaan diri seseorang menurun.

Selain pola hidup, jerawat di pipi kanan bisa disebabkan karena berbagai macam faktor penyebab. Berikut penyebab jerawat di pipi kanan dan obat untuk mengatasinya, yang dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Jerawat di Pipi Kanan

jerawat-kezo
ilustrasi jerawat/New Africa/shutterstock

1. Sering Menggunakan Handphone

Handphone adalah alat telekomunikasi yang sering kita gunakan. Sehingga ada banyak bakteri dan kuman yang menempel pada handphone. Kalau kamu sering menelpon dengan handphone, maka handphone akan menempel di area pipi dan menyebabkan jerawat muncul di pipi. Selain itu, sering menyentuh pipi setelah memegang handphone, juga bisa memicu munculnya jerawat.

2. Jarang Membersihkan Wajah

Kebiasaan jarang membersihkan wajah bisa menjadi penyebab jerawat di pipi kanan. Karena ada banyak kotoran, sel kulit mati atau minyak yang tersumbat di pori-pori. Jika pori-pori terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat, maka jerawat meradang akan muncul di area pipi. Untuk itu, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan teknik doube cleansing, agar terhindar dari jerawat di pipi kanan.

3. Jarang Mengganti Sarung Bantal

Penyebab jerawat di pipi kanan yang selanjutnya adalah karena jarang mengganti sarung bantal. Sebaiknya sarung bantal harus diganti secara rutin, minimal seminggu satu kali. Karena saat kita tidur, kita mengeluarkan keringat atau air liur yang bisa menyebabkan sarung bantal lembap dan berjamur.

4. Tidak Cocok dengan Produk Makeup

Pemilik kulit berjerawat sebaiknya harus hati-hati saat memiliki produk makeup. Karena tidak semua produk makeup bisa digunakan untuk kulit yang berjerawat. Produk makeup yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat adalah makeup yang memiliki klaim non-comedogenic dan hypoallergenic, sehingga makeup tersebut tidak menyebabkan munculnya jerawat di pipi.

Penyebab Jerawat di Pipi Kanan yang Selanjunya

skincare-kezo
ilustrasi jerawat/BR Photo Addicted/shutterstock

5. Salah Memilih Produk Skincare

Selain produk makeup, pemilihan produk skincare juga harus diperhatikan dengan benar, agar tidak menyebabkan jerawat di pipi. Beberapa kandungan skincare bisa mengiritasi kulit dan meningkatkan produksi minyak di wajah, seperti mineral oil, vitamin E, vitamin C dan lain sebagainya.

6. Sering Mengonsumsi Gorengan

Jerawat di pipi kanan juga bisa muncul karena sering mengonsumsi gorengan. Gorengan memiliki kandungan minyak jenuh, yang bisa meningkatkan produksi minyak berlebih di kulit. Produksi minyak berlebih ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat mudah muncul di kulit.

7. Sering Menggunakan Gula Tambahan

Terlalu sering mengonsumsi makanan manis yang menggunakan gula tambahan, bisa membuat insulin atau kadar gula di dalam tubuh meningkat. Kondisi ini juga bisa memicu produksi minyak berlebih di kulit, dan menyebabkan jerawat meradang.

Obat untuk Jerawat

skincare-kezo
ilustrasi obat untuk jerawat/aslysun/shutterstock

1. Acnol Lotion for Acne

Acnol lotion merupakan obat jerawat yang mudah dibeli di apotik. Harga Acnol Lotion untuk jerawat ini tergolong murah, hanya berkisar Rp 15.000,00 saja. Obat jerawat ini memiliki kandungan camphor 0,50%, allantoin 0,20%, sulphur 8%, m-dihydroxybenzene 2% dan trichlorohydroxydiphenylether 0,10%. Sehingga sangat ampuh untuk menyembuhkan jerawat di pipi kanan.

2. Verile Acne Gel

Verile Acne Gel adalah obat jerawat yang ampuh untuk mengatasi jerawat di pipi kanan. Karena obat jerawat yang harganya sekitar Rp 20.000,00 ini, memiliki kandungan salicylic acid, allantoin dan triclosan.

3. Acnes Sealing Gel

Acnes Sealing Gel merupakan obat jerawat yang memiliki kandungan sulfur, yang bisa membantu mengurangi peradangan dan membuat jerawat menjadi cepat kering. Kandungan vitamin yang ada pada obat jerawat ini, bisa membantu menyamarkan bekas jerawat, dan meratakan warna kulit. Harga produknya sangat ekonomis sekitar Rp 15.000,00.

4. Erha Acne Spot Gel

Erha Acne Spot Gel merupakan obat jerawat yang mampu mengatasi jerawat, yang memiliki kandungan sulfur, asam salisilat dan juga niacinamide. Erha Acne Spot yang memiliki klaim terbukti secara klinis, bisa menghilangkan jerawat tanpa membuat bekas jerawat, dapat dibeli dengan harga Rp 55.000,00 di cabang resmi Erha.

5. Emina Ms. Pimple Spot Gel

Emina Ms. Pimple Spot Gel adalah obat jerawat dengan kandungan salicylic acid, yang dapat menghilangkan jerawat di pipi kanan, dan membantu mengontrol kandungan minyak di wajah. Selain itu, obat jerawat yang satu ini juga memiliki senyawa antiinflamasi, yang membantu meredakan peradangan pada jerawat dan dijual dengan harga Rp 20.000,00.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela