Sukses

Health

9 Penyebab Perut Kram pada Wanita yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Perut kram sering kali dialami wanita pada saat haid atau datang bulan. Kondisi ini sangat normal terjadi, tapi menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Sehingga penyakit ini harus disadari.

Perut kram juga bisa membuat tubuh terasa sangat lemah dan nyeri di bagian dada. Ada beberapa kasus yang disertai dengan gejala sering mual hingga muntah. Bahkan ada beberpa orang yang mengalami penurunan berat badan dan gangguan pernapasan.

Sebenarnya perut kram ini dapat pulih dengan cepat. Namub Sahabat Fimela harus mewaspadai penyebab perut kram. Karena jika tidak segera diwaspadai, perut kram bisa berbahaya untuk kesehatan wanita. Berikut penyebab perut kram pada wanita yang harus diwaspadai:

Penyebab Perut Kram pada Wanita

1. Nyeri Haid

Penyebab perut kram pada wanita yang pertama, yaitu disebabkan karena nyeri haid atau datang bulan. Kondisi ini sangat umum dirasakan pada perut bagian bawah. Hal ini disebabkan karena lapisan rahim mengalami kontraksi dan mengalirkan darah menstruasi dengan drastis.

2. Ovulasi

Perut kram bisa dirasakan wanita pada masa ovulasi. Saat ovulasi, ovarium akan melepaskan sel telur untu mempersiapkan pembuahan selama 14 hari. Kondisi ini terjadi sebelum menstruasi dan bisa dirasakan selama beberapa jam. Ovulasi ini biasanya dirasakan oleh wanita yang belum mengalami menopause.

3. Gejala Hamil

Pada masa kehamilan, seorang wanita bisa mengalami perut kram saat embrio ditanamkan di rahim setelah pembuahan. Saat mengalami perut kram ini, terkadang disertai dengan keluarnya bercak darah, morning sickness, kelelahan, perubahan suasana hati dan lain sebagainya.

Penyebab Perut Kram pada Wanita

4. Intoleransi Laktosa

Penyebab kram perut pada wanita yang selanjutnya adalah adanya intoleransi laktosa. Kondisi ini disebabkan karena sistem pencernaan tidak bisa mencerna susu atau produk olahan susu. Saat mengalami intoleransi laktosa, perut akan kram selama beberapa menit, diare, mual, terasa kembung dan muntah.

5. Radang Panggul

Waspadai jika merasakan perut kram. Karena kondisi ini bisa disebabkan karena radang panggul, yang disebabkan oleh infeksi pada organ reproduksi wanita. Penyakit radang panggul ini juga bisa jadi gejala suatu penyakit seksual seperti gonore dan klamidia.

6. Endometriosis

Endometriosis adalah penyebab perut kram yang disebabkan karena jaringan seperti lapisan rahim menempel di organ lain. Saat merasakan kondisi ini, seorang wanita bisa mengalami perut kram selama sebulan, nyeri saat berhubungan seksual dan susah hamil.

Penyebab Perut Kram pada Wanita

7. Sakit Maag

Maag adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan bisa menyebabkan perut kram. Kondisi ini biasanya dirasakan di perut bagian atas, disertai dengan rasa nyeri, terbakar, ingin muntah, cepat kenyang saat makan, dan tubuh terasa lemah.

8. Interstitial Cystitis

Interstitial cystitis adalah penyakit yang menyebabkan perut kram. Kondisi ini menyerang di bagian kandung kemih dan menyebabkan terkanan serta rasa nyeri di bagian tersebut. Penyakit ini akan lebih buruk saat akan haid, saat kandung kemih penuh dan saat berhubungan seks.

9. Fibroid Rahim

Penyebab kram perut pada wanita yang terakhir, yaitu karena adanya fibroid rahim atau tumor kecil di area rahim. Penyakit ini bukanlah kanker yang membahayakan, tetapi orang yang memiliki penyakit ini, akan merasakan perut kram, nyeri saat haid, dan pendarahan yang sangat banyak saat haid.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading