5 Penyebab Hidung Berdarah dan Cara Mengatasinya

Vania Al kautsar30 Nov 2021, 13:57 WIB
Diperbarui 30 Nov 2021, 14:02 WIB
Hidung Berdarah - Vania

Fimela.com, Jakarta Hidung berdarah atau mimisan biasa terjadi oleh beberapa orang. Mungkin sebagian orang hal ini menakutkan, namun jarang menunjukan masalah medis yang serius.

Pada bagian hidung akan mengandung banyak pembuluh darah, yang terletak dekat dengan permukaan di bagian depan dan belakang hidung. Biasanya akan mudah rapuh dan berdarah.

Mimisan juga sering terjadi pada orang dewasa bahkan anak-anak usia 3 hingga 10 tahun. Meskipun mimisan bukan menjadi masalah yang serius, namun kamu perlu waspada karena hal ini dapat menjadi salah satu tanda serius. Berikut beberapa penyebab hidung berdarah:

1. Infeksi Saluran Pernapasan

Polip Hidung
Ilustrasi Polip Hidung Credit: pexels.com/Bermix

Penyebab pertama hidung berdarah adalah infeksi saluran pernapasan yang dapat menimbulkan gejala batuk, pilek, serta demam. Hal ini yang perlu kamu waspdai, karena dapat membuat hidung kamu berdarah.

2. Iklim Kering

Ternyata cuaca kerig atau panas juga menjadi salah satu penyebab mimisan. Udara yang kering dan panas tentu akan membuat hidung kamu mengering, hal inilah yang dapat menyebabkan hidung berdarah.

3. Semprotan Hidung

Beberapa orang mungkin menggunakan semprotan hidung untuk mengatasi penyakit seperti pilek dan bersin-bersin. Akan tetapi hal ini justru dapat membuat hidung kamu berdarah dan dapat menjadi salah satu gejala terjadinya mimisan. Jika kamu menggunakan semprotan hidung tidak sesuai anjuran dokter sebaiknya jangan.

4. Benda Asing

Hidung Tersumbat Kronis
Ilustrasi Hidung Tersumbat Kronis Credit: pexels.com/Andrea

Dalam hidung biasanya akan terdapat bulu-bulu yang menyaring beberapa benda kecil masuk. Biasanya benda asing kecil yang terasngkut dalam hidung juga dapat membuat iritasi di hidung. Sebaiknya jika kamu membersihkan hidung saat mandi.

5. Bahan Kimia

Selanjutnya bahan kimia yang dimaksud adalah yang dapat mengiritasi saluran udara. Seperti ammonia, bahan kimia satu ini juga memiliki reaksi lebih dalam jangka panjang untuk kesehatan tubuh.

Cara Mengatasi Hidung Berdarah

Si Kecil Alami Mimisan Saat Tidur, Lakukan Hal Ini untuk Menghentikannya
Ilustrasi anak mimisan (pexels.com/Andrea Piacquadio)
  • Duduk tegak dengan kepala sedikit ditengadahkan atau diangkat ke atas. Jangan berbaring ketika hidung masih mengeluarkan darah.
  • Condongkan badan ke depan dengan posisi kepala tidak menengadah agar darah tidak mengalir kembali ke tenggorokan, hal ini dapat menyebabkan tersedak.
  • Jepik bagian lunak dari hidung dengan ibu jari dan telunjuk, serta beri sedikit tekanan.
  • Tahan selama 5 hingga 10 menit dan ulangi hingga darah berhenti.
  • Kompres hidung dan area pipi dengan es yang sudah dibungkus kain.

Itulah beberapa penyebab hidung berdarah serta cara mengatasinya. Meskipun hidung berdarah bukan menjadi masalah yang serius namun kamu juga harus berhati-hati, bisa jadi hal ini menjadi salah satu penyebab penyakit lain.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela