Indonesia Waspada COVID-19 Varian Omicron, Pemerintah Diminta Suntik Vaksin Booster ke Pekerja Esensial

Annissa Wulan30 Nov 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 30 Nov 2021, 21:52 WIB
Indonesia Waspada COVID-19 Varian Omicron, Pemerintah Suntik Vaksin Booster ke Pekerja Esensial

Fimela.com, Jakarta Afrika Selatan telah mengumumkan adanya COVID-19 varian baru yang muncul di salah satu negara bagian mereka. COVID-19 varian ini disebut Omicron dan mengandung 50 mutasi yang bisa memengaruhi kecepatan penularan.

WHO mengelompokkan COVID-19 varian Omicron ini ke dalam kategori kewaspadaan tertinggi atau varian of concern (VOC). Ini dilakukan setelah mengamati perkembangan mutasi virus yang sangat cepat.

Bhima Yudhistira, Direktur Center of Economics and Law Studies meminta pemerintah segera memberikan vaksin COVID-19 booster atau suntikan ketiga untuk para pekerja di sektor esensial, selain tenaga kesehatan. Seperti pegawai hotel, transportasi, dan bandara karena pekerjaan tersebut membuat mereka lebih rentan.

 

Pemerintah diminta lebih waspada

Indonesia Waspada COVID-19 Varian Omicron, Pemerintah Suntik Vaksin Booster ke Pekerja Esensial
Pemerintah Indonesia diminta untuk segera suntik vaksin booster untuk para pekerja esensial, mengingat maraknya COVID-19 varian Omicron.

Bhima Yudhistira juga menilai para pekerja ini harus menjadi prioritas pemerintah sebagai penerima vaksin booster, agar setiap sektor lebih siap menghadapi ancaman varian COVID-19 terbaru ini. Bhima Yudhistira juga menyarankan pemerintah untuk melakukan langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di daerah yang krusial, seperti destinasi wisata, perkantoran, dan pintu masuk bagi turis atau WNI yang datang dari luar negeri, baik lewat udara, laut, atau darat.

Bhima juga menyarankan agar pemerintah memperpanjang masa karantina bagi orang-orang yang masuk ke Indonesia lewat jalur manapun. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela