Sukses

Health

Hari AIDS Sedunia: UNICEF Ungkap Setiap 2 Menit, Anak Terinfeksi HIV pada Tahun 2020

Fimela.com, Jakarta Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Tahun ini, Hari AIDS Sedunia jatuh pada Rabu, 1 Desember 2021.

AIDS termasuk dalam golongan penyakit mematikan. Hingga saat ini, belum ditemukan hasil uji klinis resmi dari otoritas berwenang mengenai obat atau vaksin yang dapat menyembuhkan AIDS.

Peringatan Hari AIDS Sedunia sendiri dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat soal virus HIV/AIDS. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, sekitar 37,7 juta orang di dunia hidup dengan HIV/AIDS hingga tahun 2020.

Dalam upaya global untuk mengakhiri HIV dan AIDS, anak-anak dan remaja terus tertinggal. UNICEF menyampaikan jika Setidaknya 300.000 anak baru terinfeksi HIV pada tahun 2020, atau satu anak setiap dua menit, dalam sebuah laporan yang dirilis hari ini. 120.000 anak lainnya meninggal karena penyebab terkait AIDS selama periode yang sama, atau satu anak setiap lima menit.

Kasus infeks terjadi saat lahir, selama menyusui dan pada masa remaja dan tidak cukup banyak anak dan remaja yang hidup dengan HIV memiliki akses ke tes dan pengobatan yang menyelamatkan jiwa. Akibatnya, ratusan orang meninggal setiap hari.

“Seorang anak terinfeksi HIV setiap dua menit pada tahun 2020," dalam keterangan tersebut.

Snapshot Global HIV dan AIDS terbaru memperingatkan bahwa pandemi COVID-19 yang berkepanjangan memperdalam ketidaksetaraan yang telah lama mendorong epidemi HIV, menempatkan anak-anak yang rentan, remaja, wanita hamil dan ibu menyusui pada peningkatan risiko kehilangan pencegahan dan pengobatan HIV yang menyelamatkan jiwa.

“Epidemi HIV memasuki dekade kelima di tengah pandemi global yang membebani sistem perawatan kesehatan dan membatasi akses ke layanan penyelamatan jiwa. Sementara itu, meningkatnya kemiskinan, masalah kesehatan mental, dan pelecehan meningkatkan risiko infeksi pada anak-anak dan perempuan,” kata Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore.

Mengkhawatirkan, 2 dari 5 anak yang hidup dengan HIV di seluruh dunia tidak mengetahui status mereka, dan lebih dari separuh anak dengan HIV menerima pengobatan antiretroviral (ART). Beberapa hambatan untuk akses yang memadai ke layanan HIV sudah lama dan umum, termasuk diskriminasi dan ketidaksetaraan gender.

 

Gangguan signifikan dalam layanan HIV akibat COVID-19

Laporan tersebut mencatat bahwa banyak negara mengalami gangguan signifikan dalam layanan HIV akibat COVID-19 pada awal 2020. Tes HIV pada bayi di negara-negara dengan beban tinggi menurun 50 hingga 70 persen, dengan inisiasi pengobatan baru untuk anak di bawah usia 14 tahun turun hingga 25. sampai 50 persen.

Lockdown berkontribusi pada peningkatan tingkat infeksi karena lonjakan kekerasan berbasis gender, akses terbatas ke perawatan lanjutan, dan kehabisan stok komoditas utama. Beberapa negara juga mengalami pengurangan substansial dalam persalinan di fasilitas kesehatan, tes HIV ibu dan inisiasi pengobatan antiretroviral HIV. Dalam contoh ekstrem, cakupan ART di antara wanita hamil turun drastis di Asia Selatan pada tahun 2020, dari 71 persen menjadi 56 persen.

Meskipun penyerapan layanan pulih kembali pada Juni 2020, tingkat cakupan tetap jauh di bawah sebelum COVID-19, dan tingkat sebenarnya dari dampaknya masih belum diketahui. Selain itu, di wilayah yang sangat terbebani oleh HIV, pandemi yang berkepanjangan dapat lebih lanjut mengganggu layanan perawatan kesehatan dan memperlebar kesenjangan dalam tanggapan HIV global, laporan tersebut memperingatkan.

Sebagian besar infeksi baru pada anak-anak dan remaja terjadi di sub-Sahara Afrika, pusat HIV dan AIDS. Untuk memutus siklus infeksi dan kematian baru, anak-anak, ibu dan remaja mereka harus dites HIV dan dikaitkan dengan pengobatan.

Prioritas utama UNICEF adalah mengatasi faktor struktural – kemiskinan, kurangnya pendidikan dan kekerasan – yang menempatkan orang, terutama remaja perempuan dan perempuan muda, pada risiko tertular HIV.

2,78 juta anak-anak dan remaja hidup dengan HIV pada tahun 2020 — hampir 88 persen di antaranya berada di Afrika sub-Sahara.

Solusinya

HIV memengaruhi jenis kelamin, kelompok usia dan budaya dengan cara yang berbeda, sehingga program harus ditargetkan tergantung pada konteksnya. Apa yang berhasil untuk remaja perempuan di komunitas pedesaan berbeda dengan apa yang berhasil di kota, atau dari apa yang berhasil untuk remaja laki-laki atau orang yang menyuntikkan narkoba.

Intervensi terkait HIV yang paling efektif, adil dan berkelanjutan adalah intervensi di mana hak asasi manusia dari komunitas yang terkena dampak HIV dilihat sebagai prioritas mendasar.

“Tanpa pengobatan, separuh bayi yang hidup dengan HIV akan meninggal sebelum ulang tahun kedua mereka," ungkap UNICEF

UNICEF berkomitmen untuk mengakhiri AIDS pada tahun 2030, sejalan dengan target global, dan untuk membuat layanan HIV lebih mudah diakses. Kami bekerja di lebih dari 190 negara dan wilayah dengan berbagai mitra di semua tingkatan, dari organisasi akar rumput hingga pemerintah hingga mitra global dalam penanggulangan HIV.

Mencegah infeksi HIV baru dan meningkatkan akses ke pengujian dan pengobatan menyelamatkan nyawa dan merupakan pilar dari tanggapan HIV UNICEF. Kami telah menetapkan target ambisius untuk mengakhiri AIDS dalam hasil Rencana Strategis kami dan kerangka kerja Mulai Bebas Menginap Bebas AIDS, di mana kami memainkan peran kepemimpinan global.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading