6 Penyebab Badan Terasa Linu dan Pegal Beserta Cara Mengatasinya

Imelda Rahma01 Des 2021, 13:06 WIB
Diperbarui 01 Des 2021, 13:33 WIB
Badan Pegal Linu

 

Fimela.com, Jakarta Ketika tubuh menjadi mudah lelah, terasa linu, dan juga pegal, kamu perlu memerhatikan kondisi kesehatanmu secara serius. Hal ini terutama ketika rasa linu dan pegal di badan ini kita rasakan muncul secara tiba-tiba.

Misalnya, rasa linu dan sakit ini muncul ketika kita bekerja atau beraktivitas sehari-hari. Munculnya rasa linu dan pegal tiap kita tengah melakukan hal remeh seperti membuka media sosial dan melihat foto ini bukan hal yang boleh diremehkan.

Pada umumnya, seperti dilansir dari Merdeka.com, rasa linu dan pegal ini bisa hilang dengan istirahat. Namun pada beberapa kasus, perlu dilakukan perawatan khusus terutama ketika disebabkan oleh hal tertentu.

Badan terasa linu dan pegal yang tak kunjung hilang selama beberapa waktu perlu mendapat penanganan serius. Mengetahui penyebab dari rasa linu dan pegal ini juga penting untuk dilakukan. 

Untuk itu, berikut Fimela.com telah merangkum 6 penyebab badan terasa linu dan pegal beserta cara mengatasinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya dibawah ini. 

 

Akibat Stres hingga Gejala Kurang Tidur

Akibat Stres hingga Gejala Kurang Tidur
Ilustrasi Stres Credit: pexels.com/Andrea

1. Stres

Ketika kamu tengah stres, sistem imun tubuh bakal kesulitan dalam melawan peradangan yang mungkin muncul. Hal ini bisa membuat respons tubuh tidak sebaik biasanya sehingga kamu lebih rentan mengalami pegal linu di seluruh tubuh. Jadi, ketika kamu sering merasa ngilu saat sedang melakukan sesuatu, bisa jadi kamu tengah stres.

2. Dehidrasi

Kandungan cairan yang tepat sangat dibutuhkan tubuh untuk dapat berfungsi secara normal dan sehat. Kekurangan cairan tubuh bisa membuat tubuh jadi kesulitan melakukan sejumlah proses penting seperti bernapas dan mencerna makanan. Terganggunya sejumlah proses ini akibat dehidrasi bisa menyebabkan tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya dan menyebabkan munculnya pegal linu.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur bisa jadi penyebab sejumlah masalah kesehatan yang mungkin kamu alami sehari-hari. Sistem jaringan, sel tubuh, dan otak butuh cukup tidur untuk menjaga kesehatannya. Kekurangan waktu tidur ini bisa membuat kamu kekurangan energi dan bisa berujung munculnya rasa linu dan pegal secara mendadak.

Efek Penyakit dan Gejala Anemia

Efek Penyakit dan Gejala Anemia
Ilustrasi Gejala Anemia Credit: pexels.com/Ivan

4. Flu atau Demam

Ketika seseorang mengalami flu atau demam, sejumlah masalah bakal kamu alami. Hal ini termasuk rasa linu dan pegal di seluruh badan termasuk tenggorokan dan dada. Hal ini terjadi karena tubuh mencoba melawan infeksi dan peradangan yang menyerang.

5. Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang memompa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Terjadinya kondisi ini bisa menyebabkan banyak bagian tubuh merasa lelah dan bahkan kadang muncul rasa ngilu dan sakit.

6. Kurang Vitamin D

Kurangnya vitamin D pada tubuh bisa menyebabkan rendahnya tingkat kalsium di dalam darah. Kurangnya kalsium ini menyebabkan organ tubuh seperti otot dan ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Tulang juga membutuhkan cukup kalsium agar tetap sehat. Tanpa vitamin D yang membantu menyerap kalsium, kamu bisa merasa pegal linu bahkan ngilu pada seluruh otot dan tulang di tubuhmu.

Cara Mengatasi Pegal Linu pada Tubuh

Cara Mengatasi Pegal Linu pada Tubuh
Ilustrasi Cara Mengatasi Pegal Linu pada Tubuh Credit: pexels.com/Andrea

Melakukan Peregangan  

Cara mengatasi badna mudah pegal yang pertama adalah dengan melakukan peregangan. Secara prinsip, semakin lentur otot, maka semakin berkurang kemungkinan otot tersebut menjadi kaku. Jadi, kamu bisa melakukan kegiatan yang bisa melenturkan otot, yaitu peregangan. Hal ini mudah dilakukan karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Berenang

Melakukan olahraga juga bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi badan mudah pegal. Kamu bisa melakukan olahraga jenis apa saja asalkan dilakukan dengan tepat untuk mengatasi bdan mudah pegal.

Namun, berenang merupakan jenis olahraga yang paling efektif untuk mengurangi pegal. Manfaat ini bisa dimanfaatkan jika kamu melakukannya secara rutin. Selain itu, dalam memilih tempat berenang, lebih baik berenang di kolam renang indoor untuk mengurangi paparan udara dingin dan angin yang dapat menyebabkan rasa pegal dan nyeri.

Pijat

Cara mengatasi badan mudah pegal yang sudah cukup banyak diketahui dan disenangi adalah pijat. Namun, sebaiknya kamu hanya melakukan pijat pada beberapa bagian tubuh saja seperti pada tangan dan kaki. Bagian tubuh yang tidak boleh dipijat adalah tulang belakang, dimulai dari leher hingga tulang ekor.

Hal ini dikarenakan kamu dan orang yang memijat belum tentu mengetahui kesehatan tulang belakang kamu. Hal ini bisa menyebabkan pergeseran tulang hingga saraf terjepit. Jadi, sebaiknya kamu memastikan kondisimu terlebih dahulu dan melakukan pijat di tempat terpercaya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela