Sukses

Health

Terlihat Sepele, Ternyata 5 Kebiasaan Ini Dapat Merusak Otak

Fimela.com, Jakarta yang terjadi di dalam tubuh kita. Mulai dari mengatur detak jantung hingga gerakan tubuh kita. Tetapi, tanpa disadari ada banyak kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa merusak kemampuan otak kita. Beberapa kebiasaan ini bahkan terlihat sepele, tapi dampaknya bisa sangat besar pada kesehatan otak.

Berikut ini beberapa kebiasan buruk yang dapat merusak otak kita.

1. Tidak sarapan

Melewatkan sarapan mungkin terlihat sepele, tapi tahukah kamu kebiasaan ini ternyata dapat merusak otak. Karena saat bangun pagi, tubuh membutuhkan nutrisi penting. Selain itu, melewatkan sarapan juga dapat menyebabkan kadar glukosa darah rendah sehingga bisa berdampak buruk pada fungsi otak.

2. Kurang minum air putih

Hampir 80 persen dari otak adalah air. Hal ini membuat otak membutuhkan asupan air yang cukup untuk berpikir lebih cepat dan fokus. Jika kita kurang minum air putih, maka otak juga tidak akan bisa bekerja denga baik. Karena itulah, penting untuk tetap terhidrasi dengan baik.

3. Mendengarkan musik dengan volume yang kencang

Banyak orang yang gemar mendengarkan musik memakai earphone atau headphone dengan volume yang tinggi. Padahal, kebiasaan ini tak hanya merusak pendengaran saja. Kebiasaan ini mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan pada otak seperti kehilangan memori atau kerusakan jaringan.

4. Terlalu banyak makan

Makan berlebihan tidak hanya membuat kelebihan berat badan tapi juga mengakibatkan kembung, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya termasuk gangguan pada otak. Sejumlah penelitian mengungkap, asupan kalori tinggi pada jangka waktu yang lama menyebabkan hilangnya memori atau gangguan kognitif ringan.

5. Tidur berlebihan

Tidur yang berlebihan juga bisa menyebabkan otak kurang aktif, melemahkan daya pikir dan ingat. Selain itu, terlalu banyak tidur juga akan membuat kerja metabolisme tubuh menurun sehingga tubuh terasa kaku.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak otak. Jadi, sebisa mungkin hindari beberapa kebiasaan di atas.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading