Sukses

Health

Ketahui Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 9 Bulan dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kaki bengkak sangat umum dialami oleh ibu hamil, saat usia kandungan mencapai 9 bulan atau trimester ketiga. Kondisi ini disebabkan karena kondisi fisik ibu hamil semakin besar daripada biasanya, seiring dengan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Sebenarnya kondisi kaki bengkak ini dapat dialami ditiap trimesternya, namun penyebab yang dialami tiap trimesternya berbeda-beda. Pada saat usia kandungan 9 bulan ini, maka ibu hamil memasuki trimester yang ketiga atau trimester akhir, sebelum melahirkan.

Kaki bengkak ini terjadi pada bagian tungkai, pergelangan kaki, kaki, hingga jari. Kondisi kaki bengkak dapat diatasi dengan mudah, agar tidak menyebabkan ibu hamil menjadi kelelahan. Berikut  penyebab kaki bengkak saat hamil 9 bulan dan cara mengatasinya, dilansir dari beberapa sumber:

 

 

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Penyebab kaki bengkak disetiap trimester kehamilan berbeda-beda. Pada saat usia kehamilan mencapai 9 bulan, maka ibu hamil mencapai trimester terakhir atau yang ketiga. Kondisi kaki yang bengkak ini bisa membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman dan terganggu aktivitasnya. Berikut penyebab kaki bengkak saat hamil 9 bulan dan ditiap trimesternya:

Trimester Pertama

Penyebab kaki bengkak pada trimester yang pertama, yaitu karena kadar hormon progesteron meningkat cepat pada ibu hamil. Kondisi ini membuat sistem pencernaan menjadi tidak lancar, sehingga tubuh menyimpan banyak lemak dan membuat bengkak. Kondisi ini juga bisa membuat area tangan dan wajah menjadi lebih bengkak.

Trimester Kedua

Saat memasuki trimester kedua, kaki ibu hamil akan semakin membengkak, yang disebabkan karena produksi darah dan cairan di dalam tubuh meningkat. Kondisi cuaca yang sangat panas dan terlalu sering berdiri juga bisa membuat kaki menjadi tambah bengkak.

Trimester Ketiga

Penyebab kaki bengkak yang terakhir, yaitu karena pada trimestr ketiga dan pada usia 9 bulan, ibu hamil akan terus menerus memproduksi darah dan cairan, untuk memperlancar proses persalinan. Karena kondisi janin semakin bertumbuh dan berkembang, maka aliran darah dari kaki ke jantung akan lebih lambat. Selain itu penyebabnya adalah tidak melakukan diet, terlalu banyak kafein, banyak mengonsumsi garam dan kurang mengonsumsi air putih.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 9 Bulan

1. Kurangi Asupan Natrium

Natrium atau garam bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak di usia kehamilan 9 bulan. Karena garam bisa membuat tubuh menahan air menjadi lebih banyak. Untuk mengatasi kaki bengkak, kurangi mengonsumsi natrium yang terdapat dalam makanan kaleng atau menggunakan garam lebih dari takaran harian.

2. Mengonsumsi Kalium

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 9 bulan yang selanjutnya, yaitu dengan mengonsumsi kalium, yang bisa membantu menyeimbangkan produksi cairan di dalam tubuh. Makanan yang memiliki kandungan kalium adalah kentang, ubi jalar, pisang, bayam, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

3. Kurangi Kafein

Sebaiknya pada masa kehamilan, kurangi konsumsi kafein agar tidak membahayakan ibu dan janin dalam kandungan. Karena kafein bersifat diuretik, yang bisa membuat tubuh menahan banyak cairan agar tidak sering buang air kecil, dan menjadi kaki membengkak saat hamil 9 bulan.

4. Mengonsumsi Air Putih

Untuk mengatasi kaki bengkak, sebaiknya mengonsumsi air putih secara cukup, untuk menghindari dehidrasi dan melancarkan sistem pencernaan. Seharusnya ibu hamil mengonsumsi air putih minimal 10gelas dalam sehari.

5. Jalan Kaki

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 9 bulan yang terakhir, yaitu ibu yang sedang hamil harus melakukan olahraga, untuk mengatasi kaki yang bengkak. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki. Ibu hamil bisa berjalan kaki sekitar 10menit setiap harinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading