5 Cara agar Haid Bisa Lebih Teratur dan Nyaman, Sudah Coba?

Endah Wijayanti07 Des 2021, 14:35 WIB
Diperbarui 07 Des 2021, 14:35 WIB
perempuan bangun tidur

Fimela.com, Jakarta Saat haid tidak teratur, biasanya kita akan merasa was-was. Tak hanya itu saja, kondisi tubuh pun jadi makin tidak nyaman karena gampang capek. Belum lagi dengan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh, aktivitas harian bisa ikut terganggu.

Untuk mengusahakan haid teratur, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Kita bisa menerapkan cara-cara yang paling mudah untuk kita lakukan demi mengusahakan haid yang lebih teratur. Berikut lima cara yang bisa dicoba.

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Melansir deliciousliving.com, penting untuk menjaga pola makan sehat agar haid teratur. Batasi konsumsi makanan olahan, makanan instan, dan yang mengandung banyak pemanis. Perbanyak sayur dan buah. Dengan begitu gula darah bisa stabil dan produksi kortisol dalam tubuh tidak lagi berlebihan. Bahkan buah-buahan seperti mangga dan nanas bila dikonsumsi teratur bisa membuat suhu tubuh basal meningkat. Efeknya kemudian bisa membantu haid lebih lancar.

2. Melakukan Olahraga Yoga 

Yoga terbukti menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah haid. Melansir laman healthline.com, sebuah penelitian tahun 2013 dengan 125 partisipan menemukan bahwa melakukan yoga selama 35 - 40 menit per hari lima kali seminggu selama 6 bulan bisa bantu menurunkan kadar hormon penyebah haid tidak teratur. Yoga juga terbukti bisa bantu mengurangi sakit nyeri haid dan gejala emosi yang berkaitan dengan haid, seperti Depresi dan kecemasan. Bagi yang sering mengalami PMS (premenstrual symptoms), latihan yoga bisa bantu meredakan rasa tak nyaman.

3. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

perempuan bangun tidur
ilustrasi/Bangkok Click Studio/Shutterstock

Melansir laman newhealthadvisor.com, jaringan lemak yang menumpuk di tubuh bisa menyebabkan perlepasan estrogen yang bisa mengakibatkan keluarnya darah haid yang berlebihan (heavy periods). Hal ini bisa terjadi dinding rahim dapat terstimulasi oleh estrogen yang dapat mempengaruhi ovulasi. Untuk mendapatkan haid yang rutin, penting untuk menjaga berat badan stabil karena salah satu penyebab haid jadi tidak teratur itu bisa karena kegemukan. Dengan begitu kita bisa mengusahakan agar kadar estrogen serta kolesterol juga stabil.

4. Olahraga Rutin Min. 3 Kali Seminggu

Olahraga rutin bisa dilakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini kemudian dapat membantu melancarkan siklus haid. Selain itu, dapat bantu meredakan nyeri haid. Bisa coba lakukan olahraga aerobik selama 30 menit setiap hari, tiga kali seminggu selama 8 minggu untuk mengupayakan siklus haid yang lebih lancar.

5. Tidur Cukup dan Kelola Stres

Buat tubuhmu rileks agar tidak gampang stres, bisa dengan berendam di air hangat atau meluangkan waktu khusus untuk istirahat teratur. Setidaknya selalu penuhi kebutuhan tidur cukup setiap harinya. Kalau stres bisa diatasi dan dikelola dengan baik, siklus haid nantinya bisa jadi teratur dengan sendirinya.

Semoga info di atas bermanfaat, ya. Kalau merasa ada yang tidak wajar dengan silus haidmu, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela