Sukses

Health

10 Penyebab Mata Pegal dan Pusing yang Sering Dialami Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Saat mengerjakan tugas di depan laptop atau bermain game di depan handphone, bahkan melakukan sesuatu di depan layar selama berjam-jam tentu akan membuat lelah. Mata pegal terjadi karena melihat layar yang terang serta waktu yang snagat lama. Biasanya hal ini juga disertai pusing yang sangat berat.

Kelelahan mata merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi ketika mata kamu lelah karena penggunaanya yang intens. Meskipun begitu kelelahan pada mata akan menganggu dan hal ini bukan menjadi masalah yang serius jika kamu mnegistirahatkan mata.

Untuk mengurangi ketidaknyamanan mata saat melihat layar terus menerus kamu dapat melakukan beberapa hal. Seperti membaca buku atau berjalan melihat pepohonan atau sawah agar mata kembali segar. Namun, dalam beberapa kasus mata lelah dan pusing juga dapat menjadi tanda serta gejala yang memerlukan perawatan. Untuk itu berikut beberapa penyebab mata lelah dan pusing:

1. Kecemasan dan Stress

Pekerjaan yang menumpuk serta dateline tentu membuat kita cemas dan stress, serangan ini akan terjadi ketika kita merasa panik. Kecemasan dan stress yang meningkat akan menyebabkan gejala fisik seperti pusing, penglihatan kabur, dan penglihatan yang tidak jelas. Jika kamu dapat mengelola stress dan kecemasan maka itulah cara terbaik untuk mengatasi efek fisik yang mungkin ditimbulaknnya.

2. Obat-Obatan

Beberapa obat juga dapat memiliki efek samping yang berbeda, tergantung apa yang kita konsumsi. Hal ini juga akan menyebabkan pusing disertai penglihatan yang kabur, tentu ketika kita melihat sesuatu yang tidak jelas maka akan membuat mata bekerja untuk mengetahui apa yang kita lihat. Minum alkohol serta obat secara bersamaan juga akan meingkatkan gejala tersebut.

3. Alkohol

Mengonsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat memberikan efek pada tubuh, termasuk pusing dan mata lelah. Saat Minum alkohol, kamu harus mengonsumsi beberapa makanan yang cukup untuk tubuh kamu. Hal ini tentu akan menyerap pada tubuh kamu jika kebutuhan nutrisi baik.

4. Gula darah Rendah

Gula darah rendah atau hipoglikemia umumnya sering dikaitkan dengan diabetes, meskipun keadaan lain seperti puasa dan rekasi terhadap pengobatan juga dapat memicunya. Gula darah rendah juga akan menyebabkan rasa pusing, kelelahan, dan kelapasan, serta mata yang lelah atau penglihatan kabur.

5. Menatap Layar Terus Menerus

Mata lelah dan pusing selanjutnya dapat disebabkan oleh kecarahan layar saat kita melihatnya. Melihat layar terus-menerus selama beberapa jam tentu akan membuat kita pusing dan mata lelah. Hal ini dikarenakan mata akan bekerja dan menatap layar, karena mata juga membutuhkan istirahat.

6. Gegar Otak atau Cedetra Otak

Cedera pada otak akan berkisar dari gegar otak hingga cedera traumatis dan dapat disebabkan oleh kecelakaan olahraga, kecelakaan mobil, jatuh, dan lainnya. Cedera otal dan kepala dapat menyebabkan berbagai gejala lainnya tergantung pada tingkat keparahan cedera . Setiap cedera kepala akan menyebabkan gangguan penglihatan atau akan mata akan merasa lelah.

7. Sakit Kepala Migrain

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang instens dan kerap terjadi oleh sebagian orang. Hal ini biasanya akan mencakup mual dan kepekaan terhadap suara maupun cahaya. Migrain juga dapat menyebabkan pusing dan penglihatan kabur. Kamu dapat mengonsumsi beberapa obat pereda nyeri arau beristirahat di ruang yang gelap dan tenang, megoleskan kompres air hangat maupun dingin.

8. Vertigo

Vertigo adalah perasaan tiba-tiba yang tidak seimbang serta berputar dan bahkan akan terjadi ketika seseorang sedang duduk maupun berdiri. Penglihatan kabur sering terjadi dengan pusing akibat serangan vertigo. Beberapa penyebab umum dari vertigo termasuk dehidrasi, sakit kepala migrain, serta gerakan kepala tiba-tiba.

9. Stroke

Stroke terjadi ketika ada gangguan pada suplai darah ke otak. Ada beberapa hal yang dapat mengindikasikan stroke termausk kesulitan berbicara, sakit kepala tiba-tiba, dan mati rasa atau kelemahan pada satu sisi tubuh atau wajah. gejalanya juga termasuk mata lelah, pusing, atau penglihatan kabur.

10. Kondisi Penglihatan

Beberapa disfungsi visual juga dapat berperan dalam pusing dan mata lelah. Hal ini mungkin akan kerap terjadi jika kondisi penglihatan tidak melihat dengan baik atau anisometropia yang merasakan perbedaan signifikan pada mata. Kamu dapat mencoba untuk menggunakan kacamata untuk memicu pusing ringan, mata lelah, serta pandangan kabur.

Menatap layar terus menerus bukanlah hal yang baik, kamu dapat melakukannya dengan mengistirahatkan mata selama 20 menit sekali. Melihat sekeliling kamu atau bahkan berjalan untuk membuat mata kamu rileks. Jangan lupa untuk minum yang cukup agar tidak merasa dehidrasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading