Simak, Ini Gejala Khas Varian Omicron yang Kerap Muncul di Malam Hari

Hilda Irach15 Jan 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 15 Jan 2022, 12:00 WIB
Simak, Ini Gejala Khas Varian Omicron yang Kerap Muncul di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Virus corona varian Omicron menciptakan kekhawatiran baru bagi dunia. Diketahui varian Omicron  ini memiliki mutasi lebih banyak dari varian Delta.

Mulanya, Omicron terdeteksi di wilayah Afrika Selatan. Namun saat ini, Omicron telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia

Bahkan hingga Jumat, (24/12/2021), Kementerian Kesehatan RI mencatat tambahan 11 kasus baru Omicron di Indonesia berdasarkan hasil Whole Genome Sequencing. Dengan demikian total kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia berjumlah 19 orang.

Mengenali gejala-gejala virus Covid-19 varian Omicron tentu akan membuatmu menjadi jauh lebih waspada. Lantas seperti apa gejala khas varian Omicron? Simak berikut ini selengkapnya.

Gejala Khas Varian Omicron

Simak, Ini Gejala Khas Varian Omicron yang Kerap Muncul di Malam Hari
Pakar ungkap gejala khas varian Omicron. (pexels/cottonro).

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban mengatakan gejala Covid-19 pasien Omicron yang umum dikeluhkan tak jauh berbeda dengan infeksi varian sebelumnya. Namun, ada satu gejala khas yang tak biasa pada infeksi Omicron. Gejala Covid-19 varian Omicron ini kerap dikeluhkan di malam hari.

“Memang gejala Omicron mirip dengan penyakit lain dan agak samar. Seperti keletihan, nyeri otot, sakit tenggorokan, demam atau batuk,” ungkap Prof Zubairi di akun Twitter Pribadinya, Jumat (24/12/2021).

“Tapi yang menjadi gejala khas Omicron adalah Anda akan berkeringat banyak pada malam hari sampai harus ganti baju, meski ada di tempat sejuk,” lanjut Prof Zubairi.

Keringat Malam

Simak, Ini Gejala Khas Varian Omicron yang Kerap Muncul di Malam Hari
Pakar ungkap gejala khas varian Omicron. (pexels/cottonbro).

Gejala Covid-19 varian Omicron berupa keluhan keringat di malam hari rupanya memang terjadi pada pasien di Afrika Selatan. Seorang dokter dan ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, Dr. Angelique Coetzee melaporkan tidak sedikit pasien datang dengan keluhan gejala keringat malam.

Adapun selain keringat malam, gejala lainnya yang kerap muncul adalah nyeri otot, kelelahan, dan tenggorokan gatal.

Unben Pillay, seorang dokter umum yang berpraktik di Midrand, Johannesburg, juga mengatakan keringat malam menjadi gejala khas pasien yang terinfeksi Omicron.

“Kami melihat pasien datang dengan demam, keringat malam dan banyak nyeri tubuh,” katanya, dikutip dari Express co.uk.

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela