Sukses

Health

5 Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang setelah anjing dan kucing. Hewn lucu yang satu ini disukai karena rupanya yang lucu dan bulunya yang lebat serta halus. 

Kelinci identik dengan wortel sebagai makanan kesukaannya walaupun sebenarnya ada beberapa jenis sayur yang juga bisa menjadi bahan makanannya. Namun, dalam keadaan tertentu, kelinci bisa kehilangan nafsu makannya, lho!

Tentu saja kondisi ini tidak bisa diabaikan karena jika kekurangan makan, kelinci bisa saja sakit dan lemas. Maka dari itu, penting untuk kamu yang memelihara kelinci tahu hal-hal apa saja yang menyebabkan kelinci tidak mau makan

Berikut Fimela.com telah merangkum 5 penyebab kelinci tidak mau makan beserta cara mengatasinya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan yang Paling Umum

1. Kelinci Sedang Stres dan Depresi

Penyebab pertama mengapa kelinci tidak mau makan adalah karena stres. Berhubungan kelinci adalah hewan yang mudah stres, maka hal ini berdampak pada nafsu makannya. 

Disarankan agar kamu bisa memelihara dan menjaga kondisi kelinci agar jauh dari stres. Penuhi kebutuhan sehari-harinya, jangan melulu dikurung di dalam kandang agar tidak tertekan.

Adapun cara mengatasi kelinci tidak mau makan akibat stres, pertama kalian harus menstabilkan emosional. Ajaklah kelinci anda bermain. Kemudian berikan makanan favoritnya. Atau berikan makanan yang biasa tidak dimakan olehnya. Bila biasanya makan pelet, cobalah sesekali diberi rumput rumputan.

2. Kelinci Merasa Bosan dengan Menu Makanannya 

Tidak hanya manusia saja yang bisa bosan dengan menu makanannya, kelinci juga bisa merasa bosan, lho! Bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja bisa jadi menjadi salah satu sebab mengapa kelinci mogok makan.

Untuk itu, kamu disarankan bisa mengolah pakan kelinci lebih kreatif dari biasanya atau mengganti jenis pakannya dengan menu lain. Adapun jenis pakan yang bisa jadi alternatif ketika kelinci sedang bosan adalah makanan kering dan buah-buahan. 

3. Kelinci sedang Hamil Tua

Kelinci yang sedang hamil tua akan mengalami perubahan hormonal yang membuatnya gelisah. Terlebih lagi ia sudah mendekati dengan kelahiran anaknya sehingga rasa mood untuk makan semakin berkurang. Maka cara mengatasinya dengan melumatkan makanannya hingga lembut lalu disuapkan ke kelinci. 

4. Kelinci Terkena Scabies

Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kelinci kehilangan nafsu makan adalah penyakit virus scabies. Virus yang sangat mengganggu ini, membuat kelinci malas gerak dan malas untuk makan.

Untuk mengobatinya anda harus membeli obat antivirus atau antibiotik agar scabiesnya sembuh terlebih dahulu. Jika sudah sembuh lama kelamaan nafsu makannya meningkat lagi.

5. Kelinci Mengalami Diare

Diare pada kelinci berawal dari makanan yang tidak steril, mengandung banyak bakteri. Umumnya makanan terkontaminasi melalui kandang yang kotor sehingga bakteri dari kandang tersebut masuk ke sistem pencernaan kelinci. Hingga akhirnya menceret.

Apabila sudah terkena diare dan tidak segera disembuhkan maka akan mengganggu sistem imun tubuh kelinci serta membuat nafsu makannya turun drastis. Cara mengatasinya dengan memberi obat antibiotik sampai si kelinci sembuh. Setelah itu nafsu makannya kembali normal.

Jenis Makanan yang Sehat dan Bergizi untuk Kelinci

Salah satu yang membuat kelinci tidak mau makan adalah menu makanannya yang tidak variatif. Untuk itu, kamu perlu tahu jenis makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh kelinci. Berikut beberapa jenis makanan sehat dan bergizi untuk menu pakan kelinci yang bisa kamu coba buat: 

1. Rumput atau Hay

Makanan kelinci yang pertama adalah rumput atau hay. Jerami rumput atau hanya jerami, tidak lain adalah rumput kering yang masih mempertahankan banyak kandungan nutrisinya, sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk kelinci. Makanan kelinci ini mengandung Vitamin A, D, kalsium, sejumlah kecil protein dan banyak nutrisi lainnya.

2. Sayuran

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan yang disukai oleh kelinci adalah sayuran segar. Makanan segar, sayur mayur, dan herba pada khususnya, dapat memberi kelinci kelembapan yang tidak tersedia pada jerami kering. Tidak hanya memenuhi selera kelinci, makanan kelinci ini juga akan meningkatkan fungsi ginjal dan kandung kemihnya.

Disarankan agar kamu selalu mencampur sayuran segar yang memberi kelinci rasa, tekstur, dan rasa yang bervariasi, sambil memastikan bahwa kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Kamu dapat mencampurkan setidaknya 2-3 jenis sayuran hijau.

3. Buah-buahan

Selain sayuran, kelinci juga menyukai buah-buahan. Dalam memberikan buah kepada kelinci, disarankan untuk tidak berlebihan. Jumlah buah yang berlebihan akan menyebabkan hewan peliharaan mengalami obesitas, yang kemungkinan besar akan mengalami masalah pencernaan juga.

Disarankan untuk membatasi porsi buah hingga kurang dari setengah sendok makan per pon berat badan hewan peliharaan. Seperti makanan lainnya, jenis makanan ini harus disebarkan sepanjang hari.

4. Makanan Kering

Sama seperti kucing, kelinci juga menyukai makanan kering. Makanan kering pada awalnya dirancang untuk kelinci di dalam kandang yang dibiakkan untuk diambil dagingnya. Itulah mengapa, makanan ini mengemas lebih banyak nutrisi daripada yang dibutuhkan kelinci setiap hari.

Makanan kering tetap dibutuhkan untuk melengkapi kekurangan nutrisi. Selain itu, makanan kelinci yang hanya terdiri dari makanan segar jelas tidak memiliki banyak nutrisi, vitamin, dan mineral. Ada dua jenis makanan kelinci kering yang tersedia di pasaran, yakni makanan campuran dan pelet. 

Makanan campuran dibuat dari campuran beragam bahan kering, sekilas makanan ini terlihat mirip dengan sereal sarapan sehingga membuatnya tampak lebih sehat. Sementara pelet adalah makanan olahan yang terbuat dari rumput kering. Inilah sebabnya kelinci lebih menyukai pelet dibandingkan makanan campuran. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading