Sukses

Health

7 Penyebab Kaki Selalu Dingin yang Wajib Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Saat pagi atau malam hari, pernahkah Sahabat Fimela merasa kedinginan di area kaki? Kondisi kaki dingin ini memang sangat umum terjadi di pagi atau malam hari, karena terjadi perubahan suhu udara yang rendah.

Kaki dingin ini biasanya terjadi hanya sementara saja, sehingga saat tubuh sudah beradaptasi dengan perubahan udara, suhu kaki akan berubah menjadi hangat. Namun jika merasa kedinginan di area kaki dengan waktu yang sangat lama, sebaiknya segera sadari dan waspadai kondisi ini.

Saat merasakan kaki selalu dingin, hal ini disebabkan karena sirkulasi darah di area tersebut tidak normal, dan bisa membuat mati rasa di kaki. Berikut penyebab kaki selalu dingin, yang dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Kaki Selalu Dingin

1. Hipotiroidisme

Penyebab kaki selalu dingin yang pertama adalah hipotiroidisme. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid, sehingga tidak dapat memproduksi hormon tiroid. Jika produksi hormon tiroid kurang di dalam tubuh, maka suhu tubuh akan menurun dan menyebabkan telapak kaki dingin. Bahkan penyakit ini juga bisa menyebabkan penurunan detak jantung.

2. Terlalu Stres

Dalam kondisi stres yang tinggi, seseorang akan merasakan kaki selalu dingin, yang disebabkan karena respon tubuh dalam memompa adrenalin ke aliran darah. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah mengecil, dan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Sehingga ada beberapa area tubuh yang mengalami kerusakan dan suhu tubuh menurun.

3. Perubahan Cuaca

Saat terjadi perubahan cuaca ekstrem, pembuluh darah yang ada di kaki akan mengerut dan peredaran darah menyempit. Jika cuaca sedang sangat dingin, tubuh bisa merasa kedinginan hingga kulit berubah jadi warna biru. Bahkan pada sebagian orang ada yang mengalami fenomena Raynaud, saat kondisi jari tangan dan kaki menjadi sangat dingin.

Penyebab Kaki Selalu Dingin

4. Anemia

Penyebab kaki selalu dingin yang selanjutnya adalah anemia. Kondisi ini terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah. Sehingga tubuh akan terasa kedinginan dan kaki selalu dingin. Kurangnya sel darah merah di dalam tubuh ini, terjadi karena kekurangan zat besi, vitamin B12, dan folat.

5. Arteri Perifer

Arteri Perifer adalah gangguan sirkulasi darah arteri menuju telapak kaki, yang disebabkan karena merokok, hipertensi, kolesterol tinggi, dan bertambahnya umur. Saat mengalami penyakit ini, kaki akan selalu dingin, luka kaki tidak mudah sembuh, dan betis sakit saat jalan kaki.

 

Penyebab Kaki Selalu Dingin

6. Anorexia Nervosa

Anorexia Nervosa atau gangguan makan juga bisa menjadi penyebab kaki selalu dingin. Kondisi ini berpengaruh terhadap kesehatan mental, dan menyebabkan tubuh kekurangan gizi. Saat mengalami kondisi ini, lapisan lemak di dalam tubuh akan menipis dan menyebabkan tubuh menjadi kedinginan.

7. Diabetes

Penyebab kaki selalu dingin yang terakhir adalah penyakit diabetes. Karena diabetes menyebabkan sistem saraf rusak. Kondisi ini juga bisa membuat luka yang ada ditubuh menjadi susah tubuh. Diabetes sering kali disebabkan karena penderitanya sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis, atau mengandung gula tambahan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading