5 Cara Mengatasi Perasaan Gagal dan Tidak Berharga dalam Hidup

Febi Anindya Kirana30 Des 2021, 11:35 WIB
Diperbarui 30 Des 2021, 11:35 WIB
menghirup udara bernapas santai

Fimela.com, Jakarta Setiap orang mungkin merasa dirinya gagal dalam melakukan sesuatu dalam hidupnya, dan perasaan buruk itu seringkali membuat setiap orang merasa dirinya tak berguna bahkan tak mencapai apa pun di dunia ini. Untuk mengatasi perasaan buruk tersebut, dilansir dari Verywellmind, ini sekian cara yang bisa dilakukan.

1. Berhenti mengkritik diri sendiri

Bersikap baik kepada diri sendiri. Bicaralah hal yang baik seperti kamu memperlakukan sahabat. Banyak orang terlalu sering sangat keras pada diri sendiri dan kurang memberikan cinta untuk dirinya sendiri. Bersikaplah lembut dan hilangkan pikiran negatif.

2. Lebih banyak membantu orang lain

karakter kepribadian
ilustrasi perempuan membawa paket/Photo by Liza Summer from Pexels

Lakukan lebih banyak hal baik untuk orang lain. Berbuat baik dan membantu meringankan beban orang lain terbukti secara ilmiah mampu membuatmu merasa berguna, berharga dan memiliki peran penting di dunia ini. Melihat orang lain bahagia akan membuatmu ikut bahagia, emosi positif itu menular dan mampu memberikan kenyamanan dan kedamaian hati. Ikutlah menjadi sukarelawan, melakukan banyak donasi atau mmeberi bantuan apa pun ke orang-orang sekitar.

3. Belajar memaafkan

Penting sekali belajar memaafkan, bukan hanya kepada orang lain tapi juga kepada diri sendiri. Kamu menjalani hidup ini dengan sangat baik dan sudah semestinya kamu tak menyalahkan diri sendiri atau mudah mempercayai apa yang diyakini orang lain. Misalnya, kamu lajang bukan karena tak mau dipinang, tetapi memang tak ingin terjebak dalam toxic relationship meskipun orang-orang bilang calonmu sangat sempurna. Bukan mereka yang menjalani percintaan itu, mereka tak tahu apa-apa. Bukankah sudah semestinya kamu tidak menyalahkan diri sendiri?

4. Tidur yang cukup

perempuan tersenyum bahagia
ilustrasi perempuan baik/KaptureHouse/Shutterstock

Pikiran buruk biasanya muncul karena otak merasa lelah atau stres. Cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalh mengistirahatkan pikiran. Tidurlah dengan cukup jika ingin mengembalikan pikiran positif dan lebih optimis. Kondisi emosional yang lelah bisa menjadi penyebab muncul banyaknya pikiran buruk.

5. Banyak bersyukur

Perhatikan kapan waktu-waktu paling parah kamu merasa tak berharga, karena pikiran buruk ini pasti ada pemicunya. Saat itulah kamu perlu belajar lebih banyak bersyukur. Lihat kembali apa yang telah kamu lalui, kamu lakukan dan jalani. Ketika kamu bisa menemukan lebih banyak hal untuk disyukuri, bahkan hal-hal paling kecil, semuanya akan terasa baik-baik saja.

Jadi, setiap kali kamu merasa gagal dan tak berharga dalam hidup, renungkan dan lakukan sekian hal di atas, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela