Sukses

Health

Cara Mudah Memahami Panduan Terbaru CDC tentang Isolasi dan Karantina selama Pandemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta CDC kembali mengubah waktu karantina dan isolasi terkait COVID-19 yang direkomendasikan. Ini adalah tentang jumlah waktu di mana seseorang diharuskan melakukan karantina setelah paparan yang diketahui dan isolasi setelah tes COVID-19 dinyatakan positif.

Menurut Direktur CDC Rochelle Walensky, MD, MPH, rekomendasi terbaru dari CDC untuk isolasi dan karantina ini disesuaikan dengan apa yang diketahui tentang penyebaran virus dan perlindungan yang diberikan oleh vaksinasi dan dosis booster. CDC juga menegaskan bahwa rekomendasinya ini tidak menggantikan undang-undang, aturan, dan peraturan negara manapun, seperti dilanisr dari popsugar.com.

Berapa lama karantina harus dilakukan, jika seseorang positif COVID-19 tanpa gejala?

CDC menyarankan agar semua orang yang terpapar, melakukan tes pada hari kelima setelah terpapar COVID-19. Dan jika hasilnya positif, bagi yang belum divaksinasi atau memenuhi syarat mendapatkan booster, tapi memilih tidak dibooster, CDC merekomendasikan karantina selama lima hari, diikuti dengan mengenakan masker saat bertemu orang lain.

Hal ini juga termasuk untuk orang-orang dalam kategori yang tidak divaksinasi, orang yang telah melewati enam bulan sejak vaksinasi kedua dan belum menerima booster, orang-orang yang telah melewati dua bulan sejak vaksinasi dosis pertama Johnson & Johnson dan belum menerima booster.

Tapi, tidak ada rekomendasi karantina untuk beberapa kelompok orang sebagai berikut, walaupun mereka terpapar COVID-19, mereka diharuskan tetap mengenakan masker kemanapun selama 10 hari setelah paparan. Mereka adalah orang yang telah menerima suntikan booster, orang yang telah menerima vaksin Pfizer atau Moderna dalam enam bulan terakhir, orang yang telah menerima vkasin Johnson & Johnson dalam dua bulan terakhir.

Ā 

Berapa lama seseorang harus mengisolasi diri jika terinfeksi COVID-19?

Jika kamu dites positif COVID-19, CDC merekomendasikan isolasi selama lima hari, bukan 10 hari seperti sebelumnya. Jika tidak ada gejala atau gejalanya telah mereda, isolasi bisa diselesaikan setelah lima hari, tapi masker tetap dianjurkan untuk digunakan.

Perubahan ini dimotivasi oleh ilmu yang menunjukkan bahwa mayoritas penularan SARS-CoV-2 terjadi di awal perjalanan penyakit, umumnya dalam 1 sampai 2 hari sebelum timbulnya gejala dan 2 sampai 3 hari setelahnya. Ini berlaku untuk semua orang, terlepas dari status vaksinsi dan tidak disebutkan perlunya tes COVID-19 negatif untuk menyelesaikan isolasi.

CDC juga mempersingkat waktu isolasi untuk petugas kesehatan secara khusus. Secara umum, mereka bisa kembali bekerja setelah tujuh hari dan tes COVID-19 negatif dalam waktu 48 jam setelah kembali.

CDC merekomendasikan pedoman isolasi yang sama terlepas dari status vaksinasi, jika kamu dinyatakan positif COVID-19. Protokol karantina yang direkomendasikan berbeda, tergantung pada status vaksinasi. Jika kamu adalah pekerja kesehatan yang kembali bekerja, rujuklah pedoman CDC di atas atau patuhi undang-undang yang diterapkan di negaramu.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading