Sukses

Health

9 Penyebab Gatal pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh

Fimela.com, Jakarta Kesehatan kulit perlu dijaga agar tidak terinfeksi oleh kuman, bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan gatal. Gatal pada kulit ini bisa membuat penderitanya menjadi tidak nyaman, merasakan perit di sekitar kulit, dan bisa menyebabkan bekas ruam yang bikin nggak percaya diri.

Sebenarnya gatal pada kulit ini bisa hilang dengan sendiri. Tapi jika tidak segera diobati, gatal pada kulit bisa menyebar luas dan menyebabkan kulit mengalami peradangan atau ruam. Kondisi ini bisa dialami segala usia, dan bisa disebabkan karena pengaruh gaya hidup yang kurang bersih, atau disebabkan oleh hewan, seperti nyamuk dan semut.

Gatal pada kulit ini bisa dicegah dengan mandi secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi, menggunakan bedak anti gatal, dan menghindari penyebab gatal pada kulit. BerikutĀ penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh:

Penyebab Gatal pada Kulit

1. Alergi

PenyebabĀ gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh yang pertama adalah alergi.Ā Saat terkena alergi, tubuh akan terasa gatal-gatal, kulit menjadi kemerahan, terasa panas dan muncul bentol-bentol. Alergi ini bisa disebabkan debu, sabun cuci, obat-obatan, dan lain sebagainya.

2.Ā Ada Parasit dalam Tubuh

Di dalam tubuh, terdapat banyak sekali parasit yan tumbuh dan berkembang dengan pesat. Parasit di dalam tubuh seperti bakteri baik, cacing dalam pencernaan, cacing pita, cacing kremi dan trichinella, bisa menjadi penyebabĀ gatalan danĀ mempengaruhi sistem pencernaan.

3.Ā Eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang sering disebut dengan dermatitis atopik. Penyakit ini bisa menyebabkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. Saat merasakan gatal karena eksim, sebaiknya jangan menggaruk kulitmu. Jika digaruk, gatal ini akan semakin menyebar dan menyebabkan ruam.

Penyebab Gatal pada Kulit

4. Panu

Panu adalahĀ penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. Panu disebabkan karena infeksi jamur, dan penyakit ini bisa menular ke orang lain. Penyakit ini terjadi karenaĀ lemahnya sistem kekebalan tubuh, gangguan sistem hormon, muncul keringat berlebih, dan faktor keturunan. Panu yang muncul di kulit berwarna putih, merah muda, cokelat dan merah. Biasanya panu akan muncul di area punggung, dada, leher dan lengan.

5. Cacar Air

Penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh yang selanjutnya yaitu karena penyakit cacar air. Penyakit kulit ini juga bisa menular ke orang lain, yang disebabkan karenaĀ virus varicella zoster. Penyakit ini paling sering menyerang anak yang berumur 12tahunan, dan di tandai dengan munculnya ruam yang berisi air.

6.Ā Herpes simpleks

Herpes simpleks adalah penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya gatal di kulit. Penyakit ini disebabkan karena virus herpes simpleks (HSV) dan bisa menular. Penyakit ini menyeram alat kelamin, dan bisa terjadi berulang kali dalam setahun.

Penyebab Gatal pada Kulit

7. Jarang Mandi

Setelah beraktivitas seharian, ada banyak debu, kotoran, kuman, keringat dan minyak yang menempel di kulit. Kebiasaan buruk jarang mandi, bisa menyebabkan kulit menjadi gatal dan memicu munculnya jamur atau infeksi virus di kulit. Sebaiknya rajinlah mandi sehari 2 kali di pagi dan sore hari, atau setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

8. Kulit Kering

Gatal pada kulit juga bisa terjadi karena keadaan kulit yang kering. Kulit kering ditandai dengan tekstur kulit yang kasar dan bersisik, yang disebabkan karena kulit kekurangan cairan dan kolagen. Sebaiknya gunakan pelembap yang bisa mengatasi kulit kering, dan membantu menghidrasi kulit agar tidak gatal.

9. Efek Samping Obat-Obatan

PenyebabĀ gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh yang terakhir, yaitu karena efek samping obat-obatan yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, memicu alergi kulit, dan menyebabkan kulit ruam, seperti obat diuretik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading