Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Florona, Infeksi Ganda Covid-19 dan Influenza

Hilda Irach06 Jan 2022, 16:30 WIB
Diperbarui 06 Jan 2022, 16:30 WIB
Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Florona, Infeksi Ganda Covid-19 dan Influenza

Fimela.com, Jakarta Di tengah kekhawatiran masyarakat dunia akan gelombang ketiga virus Covid-19 karena munculnya varian Omicron, kini muncul kasus pertama Florona atau Flurona di Israel.

Florona merupakan campuran dari dua penyakit yang disebabkan oleh virus Covid-19 dan influenza atau flu di waktu yang bersamaan.  Menurut laporan, kasus Flurona pertama di Israel terjadi pada seorang ibu hamil yang baru melahirkan dan belum divaksinasi Covid-19. Gejalanya relatif ringan dan dia diharapkan segera dipulangkan.

Tidak seperti Alpha, Beta, Delta, Omicron dan lainnya, Florona bukanlah varian dari virus Corona. Ini adalah kasus infeksi saluran pernapasan ganda yang disebabkan oleh Covid-19 dan patogen influenza.

Ketika virus infeksi itu hadir secara  bersamaan di dalam tubuh, kondisi ini disebut sebagai florona. Beberapa waktu lalu, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban melalui akun Twitter juga memberikan penegasan serupa.

“Yang perlu diketahui dari Florona: bukan varian baru. Florona adalah infeksi ganda Covid-19 dan influenza yang terindikasi merusak sistem kekebalan dan saat ini sedang dipelajari lebih lanjut,” ujar Zubairi dalam cuitan Twitternya, Minggu (2/1/2022).

Lantas, bagaimana gejala Florona dan bagaimana cara mencegah infeksinya? Simak berikut ini selengkapnya.

 

Gejala Florona

Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Florona, Infeksi Ganda Covid-19 dan Influenza
Bukan varian Covid-19 baru, ini gejala dan cara mengatasi florona. (pexels/andreapiacquadio).

Diketahui, gejala influenza muncul selama 3-4 hari, sementara gejala Corona muncul 2-4 hari setelah terinfeksi. Berikut ini gejala-gejala yang akan dirasakan penderita Florona, seperti yang dilansir Health Liputan6.com

1.  Batuk dan pilek

2.  Demam

3.  Hidung Tersumbat

Selain itu, First Post melaporkan gejala Florona yang dialami penderita (ibu hamil yang belum divaksin Covid-19 adalah disertai sesak napas. Kondisi keparahan pasien Florona juga sangat mungkin terjadi. Apalagi jika penderita Florona mengalami penurunan ekstrem,

Jadi, gejala Florona secara pasti masih belum bisa disimpulkan karena kasus ini termasuk langka, dan baru satu pasien dari Israel yang bisa memberikan gambaran terkait gejala Florona.

Cara Mencegah Florona

Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Florona, Infeksi Ganda Covid-19 dan Influenza
Bukan varian Covid-19 baru, ini gejala dan cara mengatasi florona. (pexels/anna shvets).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan cara mencegah infeksi Florona serta mencegah rawat inap kasusnya adalah dengan melakukan vaksinasi kedua jenis virus (influenza dan corona).

Selain melakukan vaksinasi, WHO juga menyarankan untuk selalu disiplin protokol kesehatan. Mulai dari jaga jarak setidaknya satu meter dari orang lain di tempat umum, memakai masker, menghindari kerumunan di tempat berventilasi buruk, rutin membuka jendela dan pintu, serta rajin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.

 

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela