Sukses

Health

3 Tips Membersihkan Karang Gigi yang Wajib Dicoba

Fimela.com, Jakarta Sahabat fimela tau ga nih penyebab adanya karang gigi? Nah, penyebabnya itu karena adanya penumpukan plak pada gigi yang dibiarkan terlalu lama dan tidak dibersihkan. Karang gigi dapat muncul karena seseorang yang sering merokok, jarang membersihkan gigi, dan juga tidak membersihkan mulut dengan obat kumur anti bakteri. Untuk menghilangkannya mudah sekali, kamu cukup mencampurkan 2 sdm baking soda dengan sejumput garam kemudian campurkan ke pasta gigi. Jangan menyikat gigi dengan baking soda lebih dari sekali seminggu yaa! selain baking soda, karang gigi juga dapat dibersihkan menggunakan beberapa bahan berikut ini:

1. Kulit jeruk

Buah jeruk atau buah sitrus ini memang terkenal dengan kemampuannya menghilangkan plak karena mengandung asam. Sahabat fimea dapat langsung menggosokkan kulit jeruk ke gigi 2-3 menit atau bisa juga dijadikan pasta lalu dioleskan ke gigi.

2. Biji wijen

Biji wijen biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk masakan atau dtabur di atas salad. Namun, ternyata biji wijen dapat membersihkan karang gigi lho! Caranya yaitu ambil satu sendok makan penuh biji ke dalam mulut lalu kunyah dengan baik. Sahabat fimela juga perlu mencoba membuat semacam pasta dan tidak menelannya saat masih proses. Kemuadian, sikat gigi kamu dengan pasta ini dan lakukanlah dua kali seminggu. Jangan lupa untuk kumur-kumur dengan air hangat setelah menggunakannya!

3. Perasan lemon

Tidak kalah dengan baking soda, perasan lemon juga mampu menghilangkan karang gigi. Kandungan asam dalam lemon tidak hanya mampu menghilangkan plak tetapi dapat memutihkan gigi juga. Rendam sikat gigi kamu ke dalam perasan lemon lalu gogok ke gigi dengan halus. Diamkan selama 1 menit dan kumur-kumur. Jangan lupa juga bahwa perasan lemon sangatlah kuat jadi sahabat fimela harus hati-hati ya!

Nah, tadi adalah tips membersihkan karang gigi. Sahabat fimela bisa pilih ingin membersihkannya pakai bahan apa ya!

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading