Sukses

Health

5 Cara Berhenti Merasa Tak Layak Dapatkan yang Terbaik

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu meragukan dirimu sendiri dan berpikir pantaskah kamu mendapatkan yang lebih baik dari yang kamu miliki saat ini? Perasaan insecure seperti ini mungkin dialami banyak orang, tapi terlepas apa pun alasan pemicunya, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Dilansir dari Healthline, ini sekian cara agar bisa berhenti merasa insecure.

1. Prioritaskan diri sendiri

Mungkin selama ini kamu belum pernah menjadikan dirimu sendiri yang pertama dan utama dalam hidupmu sendiri. Kamu selalu mendahulukan orang lain, entah itu orang-orang yang kamu sayang atau bahkan orang yang tak kamu kenal sama sekali. Kurangnya perhatian terhadap diri sendiri bisa menjadi pemicu merasa selalu dinomorduakan. Jadikan dirimu prioritas, penuhi apa yang kamu inginkan lebih dulu.

2. Tegaskan nilai dirimu

Perlakukan dirimu sendiri dengan baik, seperti kamu memperlakukan orang lain. Jangan menerima dan berkompromi dengan perlakuan buruk orang lain, karena kamu layak diperlakukan baik dan sejajar dengan siapa saja. Ketika kamu bisa menghargai dirimu sendiri, maka pikiran "apa aku pantas?" akan perlahan hilang, karena siapa pun pantas mendapatkan yang terbaik, termasuk dirimu.

3. Ubah pikiran negatifmu

Tidak ada manusia yang sempurna. Bahkan jika ini adalah kalimat klise, nyatanya banyak orang masih sulit menerima kekurangan dirinya sendiri. Seringkali hal-hal buruk muncul dari pikiranmu sendiri, tidak benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Kamu memikirkan skenario terburuk, menyalahkan diri sendiri dan menyesali masa lalu. Jadi ubah pikiran negatifmu, jangan sering meragukan diri sendiri.

4. Melakukan hal-hal menyenangkan

Banyak orang berpikir "Bagaimana bisa aku melakukan hal yang aku suka ketika banyak urusan yang perlu diselesaikan?" Berpikirlah sederhana, kamu bisa memperbaiki keadaan perlahan namun jangan melupakan bahwa kamu pun butuh hiburan, waktu liburan dan istirahat yang cukup. Di sela-sela usahamu memenuhi tanggung jawab, lakukan hal-hal yang menyenangkan bahkan jika itu sederhana seperti membelikan makanan favorit untuk dirimu sendiri dan lain sebagainya.

5. Kelilingi diri dengan orang-orang baik

Ini termasuk faktor penting penentu apakah dirimu bisa berpikiran baik tentang dirimu sendiri. Selama kamu berada di sekeliling orang-orang buruk dan negatif, maka seperti itulah dirimu jadinya.

Sebenarnya untuk menjadi seseorang yang tidak insecure dan layak mendapatkan yang terbaik, semua dimulai dari diri sendiri. Coba lakukan sekian hal di atas jika ingin merasa lebih baik.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading