Sukses

Health

5 Manfaat Tidur Siang yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kesibukan dan hal lainnya membuat wkatu istirahat kurang khsususnya tidur siang. Padahal tidak untuk hanya anak kecil, orang dewasa juga membutuhkan tidur siang yang cukup. Apalagi tidur siang memiliki sejumlah kesehatan bagi kesehatan fisik dan mental.

Berikut ini beberapa manfaat tidur siang yang jarang diketahui.

1. Meningkatkan konsentrasi

Tidur siang dapat membantu memperlancar aliran darah ke otak sehingga orang yang tidur siang lebih mudah fokus, produktif dan lebih segar. Waktu tidur siang yang disarankan ialah sekitar 15-30 menit per hari. Tidur siang juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif otak.

2. Dapat menyegarkan otak

Kalau kamu merasa kesulitan untuk fokus atau lelah, tidur siang akan membantumu untuk memulihkan energi. Saat tertidur, tubuh akan mengumpulkan kembali energi termasuk memaksimalkan fungsi otak. Jadi setelah tidur, kamu akan merasa lebih segar dan bisa berkonsentrasi.

3. Memperbaiki suasana hati

Saat kamu merasa marah atau badmood, cobalah untuk pergi berbaring dan tidur siang, pasti setelah bangun kamu akan merasa jauh lebih baik. Karena saat tidur tubuh akan benar-benar mendapatkan waktu relaksasi sehingga membuat suanana hati dan pikiran juga lebih tenang.

4. Ingatan yang lebih tajam

Saat kita beristirahat, otak bisa mengingat hal-hal yang telah dialami sebelum tidur dengan leboh baik. Tidur siang juga bisa meningkatkan keterampilan motorik, kepekaan indera dan komunikasi. Selain itu juga bisa meningkatkan produktivitas seseorang dalam beraktivitas.

5. Mengurangi stres

Saat merasa beban pikiran menumpuk, kamu bisa mengatasinya dengan tidur siang. Tidur siang dapat membantu tubuh lebih rileks dan meredam stres. Sehingga orang yang rutin tidur sian akan merasa lebih bahagia dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Meskipun tidur siang memiliki sejumlah manfaat namun jangan sampai berlebihan, karena jika lebih dari 30 menit itu bisa membuatmu kesulitan tidur di malam hari dan merasa pusing berat. Jadi, sebaiknya tidur secukupnya dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading