11 Penyebab Meriang Setiap Malam yang Sering Dialami

Kezia Prasetya Christvidya18 Jan 2022, 08:57 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 09:37 WIB
kesehatan flu bersin

Fimela.com, Jakarta Meriang adalah istilah yang sering digunakan orang Indonesia untuk menyebut demam. Ada sebagian orang yang sering merasa meriang setiap malam hari. Kondisi ini paling sering dialami pada saat cuaca buruk atau cuaca ekstrem, sehingga suhu udara menjadi sangat dingin.

Meriang atau demam bisa dijadikan sebagai gejala awal penyakit tertentu, yang menyebabkan tubuh terasa sangat lemah, kepala pusing, sering batuk atau bersin, hingga pilek.

Terkadang meriang setiap malam ini bisa sembuh di keesokan harinya. Tetapi kalau kondisi ini tidak segera dicegah atau diatasi, maka meriang bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Berikut penyebab meriang setiap malam yang sering dialami:

Penyebab Meriang Setiap Malam

Flu
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Meriang setiap malam sering dialami orang dewasa. Dalam kondisi normal, meriang setiap malam ini bisa dialami kurang lebih 3 hari saja. Jika lebih dari 3 hari, sebaiknya harus konsultasi dengan dokter, agar segera ditangani dan terhindar dari komplikasi penyakit tertentu. Penyebab meriang setiap malam yang sering dialami adalah sebagai berikut:

  1. Kurang mengonsumsi makanan yang bergizi.
  2. Jarang melakukan olahraga.
  3. Terlalu banyak mengonsumsi soda atau alkohol.
  4. Tidak makan secara teratur.
  5. Sering keluar malam hari atau pulang terlalu larut.
  6. Tidak menggunakan baju hangat saat cuaca dingin.
  7. Sedang banyak pikiran atau stres.
  8. Efek samping obat-obatan tertentu.
  9. Tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.
  10. Penyakit autoimun
  11. Infeksi virus seperti flu, pneumonia, COVID-19, radang tenggorokan dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Meriang Setiap Malam

Anak Terkena Flu dan Pilek
Ilustrasi Flu dan Pilek Credit: pexels.com/Polina

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara mengatasi meriang setiap malam adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, dengan kandungan gizi lengkap seperti sayuran hijau, buah-buahan dan biji-bijian. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu berlemak seperti gorengan, junk food, makanan kemasan, makanan olahan dan makanan cepat saji.

2. Rajin Berolahraga

Meriang bisa disebabkan karena sistem imunitas tubuh menurun. Sebaiknya rajinlah berolahraga dengan intensitas sedang, seperti lari, jalan kaki, bersepeda, senam, renang dan yoga. Olahraga bisa membantu menguatkan tulang, meningkatkan sistem imunitas, melancarkan peredaran darah dan menghilangkan stres.

3. Rajin Mengonsumsi Air Putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bisa mengatasi meriang. Karena meriang disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi, untuk itu minumlah air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari. Sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat, racun di dalam tubuh terdetoksifikasi, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan energi.

Cara Mengatasi Meriang Setiap Malam yang Selanjutnya

flu
Flu (pexels/andrea piacquadio).

4. Minum Jahe Hangat

Setelah pulang di malam hari, sebaiknya minumlah jahe hangat untuk menghangatkan tubuhmu dan menghindari meriang setiap malam. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki kandungan senyawa anti radang. Selain bisa menghangatkan tubuh yang meriang, jahe juga menenangkan perut yang kembung, menyembuhkan batuk kering, dan melancarkan pernapasan saat pilek.

5. Minum Jeruk dan Madu

Selain minum jahe hangat, kamu juga bisa minum jeruk dan madu hangat, atau dicampur dengan jahe. Minuman ini memiliki senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi meriang, meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, menyembuhkan peradangan, dan mengeluarkan gas atau angin berlebih di dalam tubuh.

6. Mengoleskan Minyak Angin

Kalau kamu suka menggunakan minyak angin, gosoklah minyak angin ke tubuhmu saat merasa meriang setiap malam. Minyak angin akan menghangatkan badanmu, karena memiliki kandungan menthol crystal, eucalyptus oil, methyl salicylate, camphor, dan essestiol oil, yang ampuh mengatasi meriang setiap malam.

7. Kerokan

Meriang juga bisa disebabkan karena ada banyak angin di dalam tubuh. Angin di dalam tubuh ini bisa dikeluarkan dengan cara kerokan menggunakan balsem atau bawang merah. Orang Indonesia percaya kalau kerokan bisa mengeluarkan angin, menghangatkan tubuh, melancarkan peredaran darah dan menghilangkan pegal linu.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela