10 Penyebab Gigi Kuning Padahal Rajin Sikat Gigi yang Bikin Kurang Percaya Diri

Vania Al kautsar19 Jan 2022, 12:55 WIB
Diperbarui 19 Jan 2022, 13:01 WIB
Gigi - Vania

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah bertanya mengapa gigi bisa menjadi warna kuning? Gigi secara alami akan berubah warna seiring bertambahnya usia, hal ini akan terjadi karena enamel aus dan dentin kekuningan dibawahnya yang memulai terlihat. Ternyata gigi kuning juga dapat disebabkan oleh kombinasi gen, riwayat pengobatan, dan kecanduan.

Terkadang perubahan warna gigi juga tidak akan terlihat dan terjadi secara bertahap. Selain itu memiliki warna gigi yang kuning akan membuat kita tidak percaya diri senyum maupun berbicara. Ternyata ada beberapa untuk memutihkan gigi, tapi hal ini juga akan merusak bagian gigi kamu.

Karena warna gigi kuning biasanya terjadi secara bertahap, banyak orang yang mengabaikan hal ini. Untungnyaa, gigi kuning bukanlah menjadi kondisi medis yang cukup serius. Kamu juga perlu waspada dengan apa yang menyebabkan gigi kuning dan bagaimana cara menghindari maupun membatasi hal tersebut. Cek artikel di bawah ini untuk tahu apa saja penyebab gigi kuning:

 

1. Makanan

Makan - Vania
Ilustrasi Makan/https://unsplash.com/Helena Lopes

Yang pertama penyebab gigi Kuning adalah makanan yang kita konsumsi, buah beri, tomat, dan makanan lainnya yang memiliki pigmen tinggi akan menodai gigi kamu. Terkadang dia tinggi gula dan karbohidrat sederhana juga akan mengundang bakteri dan menghitamkan gigi.

2. Minuman

Tak hanya makanan yang kamu konsumsi terkadang ada beberapa minuman yang dapat menyebabkan gigi kamu kuning, minuman berwarna tentu akan sangat menarik perhatian daripada air putih.

Seperti teh, kopi, dan alkohol juga dapat membuat gigi kamu kuning jika menempel di gigi kamu sepanjang hari. Beberapa minuman karbonasi seperti cola dan minuman lainnya juga mengandung gula tinggi akan membuat gigi kamu menguning.

3. Merokok

Kebiasaan Merokok
Ilustrasi Merokok Credit: pexels.com/Joola

Tentu sering sekali kau dengar, bahwa rokok memiliki beberapa pengaruh untuk kesehatan tubuh kita. Rokok juga dapat membuat, membuat gigi kita kuning dan masalah gigi lainnya. Tak hanya itu rokok juga akan mengubah gigi kamu menjadi lebih gelap seiring waktu dan akan membuat warna gusi menjadi berubah.

4. Pengobatan

Faktor penyebab gigi kuning lainnya yaitu karena pengobatan, terkadang beberapa obat antibiotik tertentu juga akan mengubah warna gigi menjadi coklat maupun kuning. Obat obatan seperti doksisiklin dan tetrasiklin terkadang juga akan menggelapkan warna gigi. Ada baiknya jika kamu bicarakan dengan dokter untuk mengetahui potensi efek samping dari obat yang kamu konsumsi.

5. Penyakit

Gigi Berlubang - Vania
Ilustrasi Gigi Berlubang/https://unsplash.com/Mufid Majnun

Selanjutnya penyebab perubahan warna gigi yang kurang umum juga dapat berubah penyakit yang akan mempengaruhi email atau pengobatan penyakit, seperti kemoterapi maupun radiasi untuk pengobatan kanker. Hal ini terkadang juga akan memberi perubahan warna lebih ke warna coklat “ mau kuning.

6. Trauma Gigi Ringan

Selanjutnya Kiki juga dapat berubah warna jika kamu mengalami syok berat setelah jatuh maupun kecelakaan. Meskipun terkadang hal ini lebih sering berubah menjadi warna abu-abu maupun hitam, tapi beberapa anak jika mengalami terauma akan membuat gigi berubah warna menjadi kuning maupun.

7. Genetika

Tua - Vania
Ilustrasi Tua/https://unsplash.com/Nick Karvounis

aktor genetik juga dapat menjadi salah satu penyebab kenapa gitu kamu menjadi warna kuning, mungkin kamu diwarisi gigi yang lebih mudah tergoda atau memiliki enamel yang pada dasarnya berwarna kuning. Jika kamu merasa memiliki kuning secara genetik kamu juga dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan beberapa strip pemutih maupun pasta gigi.

8. Penuaan

Jika tidak dapat di obati, gigi yang bernoda biasanya akan bertahan selama bertahun tahun. Gigi terkadang juga akan mulai tampak lebih kuning sebagai bagian alami dari proses penuaan, seiring bertambahnya usia email gigi juga akan menipis dan membuat dentin kuning terlihat.

9. Fluorida Berlebih

Gigi - Vania
Ilustrasi Gigi/https://unsplash.com/Diana Polekhina

Fluoridia, paparan fluoride Yang berlebihan jika terjadi pada kamu yang masih muda tentu akan menyebabkan gigi mulai berubah warna menjadi kuning. Hal ini ternyata dapat disebabkan oleh konsumsi berlebihan air minum air berfluoride, jus, suplemen dan masih banyak lagi.

10. Kebersihan Mulut Buruk

Selanjutnya gigi yang bernoda juga dapat menjadi tanda adanya penumpukan plak maupun kerusakan gigi. Jika kamu tidak rutin menyikat gigi atau melakukan flossing dan berkumur untuk menghilangkan penumpukan plak tentu akan membantu kamu untuk memiliki warna gigi yang kuning atau lebih buruk.

Tentu ketika kamu mengetahui apa saja penyebab gigi kuning akan mencari tahu perawatan serta pencegahannya. Jika menurut kamu hal ini disebabkan karena kamu tidak rajin menggosok gigi mulai sekarang rajinlah untuk menggosok gigi, selain itu jika kamu mengetahui penyebab nya karena makanan atau minuman yang kamu konsumsi mulailah untuk membatasi paparan tersebut. Kamu juga dapat mencoba untuk menggunakan sedotan untuk mengurangi kontak dengan gigi secara langsung dan periksa ke dokter untuk melakukan perawatan gigi.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela