7 Makanan Penyebab Demam Semakin Parah yang Harus Dihindari

Kezia Prasetya Christvidya20 Jan 2022, 07:03 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 07:03 WIB
makanan-kezo

Fimela.com, Jakarta Demam adalah sebuah gejala penyakit tertentu, yang menyebabkan suhu tubuh menjadi sangat tinggi atau lebih dari 38°C. Sebenarnya demam dapat disembuhkan dengan mengonsumsi makanan tertentu. Namun ada beberapa makanan penyebab demam semakin parah.

Makanan penyebab demam ini biasanya tidak memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Sehingga membuat sistem imunitas tubuh menjadi lemah, dan tidak bisa memerangi infeksi virus penyebab demam.

Normalnya, demam akan turun sekitar 3 hingga 5 hari. Jika demam tidak segera turun, sebaiknya konsultasikan kepada dotker. Untuk mencegah penyakit demam yang semakin parah, sebaiknya hindari makanan penyebab demam berikut ini, yang dilansir dari Merdeka.com:

Makanan Penyebab Demam

makanan-kezo
ilustrasi makanan penyebab demam/Krystel Heddy/unsplash

1. Makanan yang Terlalu Manis

Makanan penyebab demam yang pertama adalah makanan yang terlalu manis. Karena makanan manis mengandung gula tambahan yang bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Tingginya kadar insulin ini bisa membuat demam atau peradangan menjadi semakin parah, dan menurunkan sistem imunitas tubuh.

2. Makanan Mengandung Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti tepung putih, roti, nasi putih, kue kering, soda dan pasta, adalah jenis karbohidrat yang memiliki kandungan tinggi gula. Sehingga makanan ini bisa memperburuk kondisimu pada saat sakit demam.

3. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas dipercaya bisa membantu mengeluarkan keringat pada saat demam. Padahal makanan pedas merupakan makanan penyebab demam semakin parah. Selain itu, makanan pedas juga bisa mengganggu sistem pencernaan dan membuat sistem imunitas tubuh menjadi semakin lemah.

4. Jeruk Peras

Jeruk peras adalah buah-buahan yang mengandung vitamin C. Walaupun vitamin C baik untuk menyembuhkan demam, tetapi jeruk peras memiliki kandungan tinggi asam yang bisa membuat perut mulas. Sehingga hindari makan jeruk peras yang bisa menyebabkan demam.

Makanan Penyebab Demam

makanan-kezo
ilustrasi makanan penyebab demam/Ella Olsson/pexels

5. Permen Bebas Gula

Saat mengalami demam, tenggorokan akan terasa sangat sakit dan susah menelan. Bahkan ada sebagian orang yang mengalami batuk kering. Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengonsumsi permen bebas gula, untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Padahal permen bebas gula termasuk makanan penyebab demam semakin parah dan harus dihindari.

6. Kafein

Makanan atau minuman yang mengandung kafein sebaiknya harus dihindari. Karena kafein bersikap diuretik dan menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika tubuh dehidrasi, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan demam tidak akan lekas sembuh.

7. Acar

Acar adalah jenis makanan yang diawetkan. Makanan penyebab demam satu ini mengandung garam yang tinggi. Terlalu banyak kandungan garam di dalam tubuh bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal, fungsi hati dan saraf otak. Sehingga memperburuk demam dan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya.

Makanan Penurun Demam

sop ayam klaten
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Rosdaniar

Walaupun ada beberapa makanan penyebab demam, ada juga makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam. Karena saat demam kita membutuhkan asupan gizi yang seimbang, dan mengonsumsi minuman untuk mencegah dehidrasi.

Sahabat Fimela dapat mengonsumsi makanan penurun demam seperti sup ayam, buah beri, sayuran hijau, buah pisang, dan madu. Selain itu, konsumsi minuman yang bisa menghangatkan tubuh dan mencegah peradangan, seperti jahe hangat.

Jangan lupa untuk rajin mengonsumsi air putih secara teratur, minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter sehari. Karena air putih bisa membantu mencegah dehidrasi pada tubuh, dan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela