Ketahui Penyebab Lemah Jantung Beserta Gejalanya yang Patut Diwaspadai

Imelda Rahma20 Jan 2022, 12:43 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 13:14 WIB
Pengidap Penyakit Jantung Bisa Puasa Asal Ikut Aturannya

Fimela.com, Jakarta Jantung merupakan organ esensial yang memompa darah ke seluruh tubuh dan berperan dalam menyalurkan oksigen yang dibawa tubuh ke otak. Mengingat perannya yang sangat vital untuk tubuh, maka gangguan pada jantung akan berakibat fatal untuk tubuh. 

Salah satu gangguan jantung yang kerap kali terjadi ialah lemah jantung. Jantung lemah atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan kardiomiopati adalah keadaan di mana otot jantung lemah sehingga menjadi kurang mampu memompa darah ke seluruh tubuh dan tidak mampu mempertahankan ritme kelistrikan yang normal. Akibatnya bisa jadi gagal jantung atau detak jantung tidak teratur yang disebut aritmia.

Meskipun merupakan gangguan kesehatan yang serius, namun penyebab dan gejala lemah jantung terkadang disepelekan karena nampak tidak terlalu mengganggu. Padahal, dengan mengetahui penyebab dan gejalanya, ini dapat menjadi tindakan preventfif agar kita dapat mencegah lemah jantung

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas penyebab lemah jantung beserta gejalanya yang patut diwaspadai. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Lemah Jantung secara Umum

Penyebab Jantung Lemah secara Umum
Ilustrasi Lemah Jantung Credit: pexels.com/Rodnae

Kondisi lemah jantung disebabkan oleh banyak pemicu, salah satunya adalah adanya infeksi virus yang menyebabkan kardiomiopati. Dalam beberapa kasus, penyakit lain atau pengobatannya menyebabkan jantung lemah. 

Ini mungkin termasuk penyakit jantung bawaan yang kompleks (muncul saat lahir), kekurangan nutrisi, irama jantung yang tidak terkendali, cepat, atau jenis kemoterapi tertentu untuk kanker. Atau, kardiomiopati bisa "diwariskan", yang berarti gen penyakit diturunkan dari orang tua.

Gejala Lemah Jantung

Gejala Jantung Lemah
Ilustrasi Gejala Jantung Lemah Credit: pexels.com/Anna

Setelah mengetahui penyebab lemah jantung, kamu juga perlu mengenali gejalanya. Dalam semua kasus, jantung tidak dapat memompa darah secara memadai ke jaringan dan organ tubuh. Healthline mencatat terdapat beberapa gejala lemah jantung yang dapat dirasakan oleh penderitanya seperti berikut: 

  • Kelemahan umum dan kelelahan.
  • Sesak napas, terutama saat beraktivitas atau berolahraga.
  • Pusing.
  • Nyeri dada.
  • Palpitasi jantung.
  • Serangan pingsan.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Edema, atau pembengkakan, pada kaki, pergelangan kaki, dan tungkai.

Cara Mengobati Lemah Jantung

Cara Mengobati Lemah Jantung
Ilustrasi Cara Mengobati Lemah Jantung Credit: pexels.com/Vidal

Pengobatan dan perawatan untuk menyembuhkan lemah jantung bergantung pada seberapa rusak kondisi jantung akibat kardiomiopati dan gejala yang ditimbulkan. Beberapa orang tidak membutuhkan perawatan intensif hingga gejala mulai muncul.

Akan tetapi, hal ini berbeda jika seseorang memiliki gejala seperti sesak napas, nyeri dada, tentu perlu berkonsultasi dengan dokter dan menyesuaikan gaya hidup yang diperlukan. Kamu tidak dapat membalikkan atau menyembuhkan kardiomiopati, namun kamu bisa mengontrolnya dengan beberapa pilihan tindakan seperti berikut:

  • Perubahan gaya hidup jantung sehat.
  • Obat-obatan, termasuk yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, mencegah retensi air, menjaga detak jantung dengan ritme normal, mencegah penggumpalan darah, dan mengurangi peradangan.
  • Perangkat yang ditanamkan melalui pembedahan, seperti alat pacu jantung dan defibrillator.
  • Pembedahan.
  • Transplantasi jantung, yang dianggap sebagai pilihan terakhir.

Pengobatan dalam kasus lemah jantung bertujuan untuk membantu jantung menjadi seefisien mungkin dan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan hilangnya fungsi.

Lanjutkan Membaca ↓
1