3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghilangkan Memar

Fimela Reporter21 Jan 2022, 20:15 WIB
Diperbarui 21 Jan 2022, 20:15 WIB
3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Memar

Fimela.com, Jakarta Memar dapat terjadi karena adanya benturan pada bagian tubuh dengan benda keras dan juga tumpul. Bagian tubuh yang mengalami memar biasanya akan warna merah kebiruan, bengkak, serta nyeri. Walaupun tidak ada cara untuk menghilangkan luka memar saat itu juga, tapi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses pemulihannya. Simak infonya dibawah ini.

1. Kompres dengan es

Es akan mendinginkan pembuluh darah di area yang memar makan akan semakin dikit darah yang akan keluar ke jaringan di sekitar pembuluh. Masukan es atau air dingin ke dalam kantung atau handuk dan tempelkan di atas tubuh yang memar selama sekitar 10 menit. Es juga akan mengurangi radang dan juga bengkak sehingga memar sembuh dengan cepat.

2. Kompres dengan air hangat

3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menghilangkan Memar
Kompres air hangat / copyright shutterstock

Setelah radang mulai berkurang dengan es, kamu bisa berikan kompres air hangat secara langsung ke luka memar. Kompres air hangat akan meningkatkan aliran darah ke jaringan dan mempercepat proses penyembuhan. Suhu panas juga akan membuat sirkulasi darah menjadi baik serta mencegah terjadinya pembekuan darah di area memar.

3. Balut dengan daun seledri

Daun seledri bisa menjadi solusi untuk menghilangkan memar yaitu dengan ambil 1 genggam seledri segar, hancurkan lalu taruh di atas luka memar dan balut dengan perban. Seledri akan membantu mengurangi peradangan atau inflamasi, mengurangi rasa nyeri, dan menyembuhkan memar lebih cepat.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan memar. Sahabat fimela bisa menerapkannya dan jangan sampai ada yang terlewat ya!

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela