5 Alasan Tidur Cukup Berpengaruh dalam Menurunkan Berat Badan

Vinsensia Dianawanti29 Jan 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 29 Jan 2022, 14:00 WIB
Arti Mimpi Tidur yang Kurang Menyenangkan

Fimela.com, Jakarta Menurunkan berat badan tidak hanya sekadar diet dan olahraga. Apabila tubuh tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, otak akan mencari sumber energi lain, seperti kalori tinggi pada makanan dan gula.

Kebanyakan orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah merasa lapar. Menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon lapar dan kenyang di dalam tubuh.

Itu sebabnya mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas menjadi penting saat ingin menurunkan berat badan. Selain itu, ada beberapa alasan yang membuat tidur cukup menjadi cukup penting saat menurunkan berat badan, mengutip dari Brightside.

 

1. Hormon tidak seimbang

Memiliki Jam Tidur yang Cukup
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Ketut

Hormon berperan penting dalam mengatur nafsu makan dan aturan tidur. Yang artinya ketika kamu kurang tidur, makan kamu akan mengacaukan hormon yang ada dalam tubuh. Membuatmu cenderung ingin makan makanan yang tinggi kalori, bahkan meski kamu baru makan.

Untuk mengatasinya, pastikan kamu tidur di tempat yang gelap. Paparan cahaya akan membuatmu sulit tidur. Selain itu, bawa dirimu serileks mungkin dan jangan tidur terlalu larut.

 

2. Tidur lebih awal mencegah ngemil di tengah malam

Ngemil di malam hari menyebabkan metabolisme terus berjalan ketika seharusnya ia istirahat. Hasilnya, tubuh akan menyimpan kalori berlebih sebagai lemak. Makan di malam hari juga tidak membuatmu bisa tidur dengan lebih baik.

Sebagai gantinya, ketika merasa lapar di malam hari, lebih baik konsumsi buah atau yogurt rendah lemak. Selain itu, lebih baik makan malam dua jam sebelum tidur untuk mencegah kelaparan di malam hari.

 

3. Tidur bisa meningkatkan aktivitas fisik

Untuk bisa mendapatkan energi cukup untuk olahraga, tubuh membutuhkan tidur yang ukup. Ketika istirahat, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat membentuk otot dalam tubuh. Hormon ini biasanya aktif saat tidur sehingga ketika tidurmu kurang akan membuat tubuh kesulitan membakar lemak saat olahraga.

Selain itu akan sangat berbahaya jika memaksakan olahraga saat tubuh terasa lelah. Terutama ketika angkat beban. Pada saat tubuh mengalami cedera, hormon pertumbuhan akan mempercepat penyembuhan. Inilah yang membuat tidur cukup menjadi begitu penting.

 

4. Mengurangi hasrat akan gula

Bukan hal baru jika ketika kamu merasa membutuhkan gula setelah hari yang panjang. Kekurangan tidur dan hasrat selalu ingin makan disebabkan oleh gangguan tidur. Berkontribusi pada ketidakseimbangan pada nafsu makan yang menyebabkan meningkatnya berat badan.

 

5. Berat badan bisa turun jika tidur lebih lama

Tidur dalam waktu yang singkat, seperti 6-7 jam permalam, berhubungan dengan meningkatnya berat badan. Kamu akan merasa pinggang yang lebih lebar dan tumpukan lemak yang lebih banyak. Ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Sehingga pastikan kamu tidur 7-9 jam permalam.

Simak video berikut ini

#womenforwomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela