5 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Menyimpan Dendam Terlalu Lama

Baiq Nurul Nahdiat25 Jan 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 25 Jan 2022, 19:20 WIB
Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Menyimpan Dendam

Fimela.com, Jakarta Ada kalanya kita memiliki masalah dengan orang terdekat yang membuat kita sakit hati hingga menyimpan dendam. Padahal, menyimpan dendam tak hanya berdampak pada rusaknya hubungan namun juga bisa berdampak pada gangguan emosi dan kesehatan fisik. Terlebih jika dendam tersebut disimpan dalam waktu yang sangat lama. Berikut ini beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh saat seseorang menyimpan dendam terlalu lama.

1. Cemas dan susah tidur

Menyimpan dendam terlalu lama juga membuat tubuh menjadi stres dan tekanan darah yang meningkat. Pada akhirnya, itu akan membuatmu jadi sering merasa cemas, khawatir, mudah lelah hingga susah tidur. Jadi, menyimpan dendam juga bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

2. Menyebabkan penuaan dini

Saat menyimpan dendam, tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon stres yaitu kortisol yang akan menimbulkan Depresi dan frustrasi. Sehingga membuatmu susah tidur, makan makanan yang tidak sehat, dan memicu gaya hidup yang tidak sehat. Sehingga kesehatan kulit dan metabolisme tubuh juga tak bisa terjaga dengan baik yang bisa menyebabkan penuaan dini.

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Menyimpan Dendam
Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Menyimpan Dendam. (Ilustrasi/unsplash)

Menyimpan dendam juga bisa membahayakan kesehatan tubuh. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, penelitian ini menemukan orang yang menyimpan dendam terlibat berisiko lima kali lebih tinggi terkena serangan jantung dan tiga kali lebih tinggi terkena penyakit stroke.

4. Lebih rentan terkena diabetes

Menyimpan dendam juga bisa menyebabkan pola hidup yang tidak sehat. Para paneliti menemukan bahwa orang yang menyimpan dendam dan rasa marah yang besar berisiko memiliki kebiasaan kesehatan yang buruk seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi kalori lebih banyak. Sehingga lebih memungkinkan seseorang terkena diabetes.

5. Memicu penyakit kronis

Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Menyimpan Dendam
Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Menyimpan Dendam. (ilustrasi/pexels)

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa orang yang menyimpan dendam memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena penyakit dengan rasa nyeri seperti maag, sakit kepala, sakit punggung dan sebagainya.

Ternyata menyimpan dendam tak bisa disepelekan karena bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius. Jadi, belajarlah untuk menjadi orang yang lebih mudah memaafkan dan merelakan. Dengan begitu, kamu juga akan lebih bahagia dan tenang dalam menjalani hidup.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela