Sukses

Health

Waspada! 3 Makanan Penyebab Diabetes yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis yang paling banyak diderita saat ini. Selain faktor genetik, gaya hidup tidak sehat bisa memicu seseorang menjadi berisiko mengalami penyakit diabetes. Bagi sahabat fimela yang mengidap penyakit diabetes, disarankan untuk menghindari beberapa makanan berikut ini. Simak infonya di bawah ini ya!

1. Roti, nasi, dan pasta

Roti tawar non gandum, nasi, dan pasta tepung non gandum adalah makanan berkabohidrat tinggi pertama yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Roti tawar dan nasi merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang bisa membuat kadar gula darah naik dengan cepat setelah dikonsumsi. Selain nasi dan roti, pasta juga jenis karbohidrat berbahaya yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Penting bagi mereka untuk menghindari roti, nasi, pasta. Sebaiknya ganti karbohidrat tersebut dengan karbohidrat komplek seperti nasi merah ataupun roti gandum.

2. Sereal

Sereal mengandung cukup banyak karbohidrat. Tidak hanya itu, sereal juga mengandung sedikit kadar protein di bawah standar yang dibutuhkan tubuh. Padahal. Tubuh membutuhkan cukup protein untuk menjaga kadar gula tetap stabil dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, agar kadar gula darah tetap stabil, hindarilah mengonsumsi sereal sebagai menu sarapan.

3. Yoghurt

Terakhir adalah yoghurt. Bagi penderita diabetes, yoghurt dapat menjadi pilihan makanan sehat karena rendah gula. Namun, hal ini tidak berlaku pada yoghurt rasa buah. Karena hampir 81% kalori pada yoghurt buah berasal dari gula. Penderita diabetes lebih disarankan mengonsumsi plain yoghurt karena tidak mengandung gula dan bermanfaat untuk mengontrol berat badan serta baik untuk kesehatan pencernaan.

Nah, info di atas adalah makanan-makan yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Untuk sahabat fimela yang menderita diabetes hindari makanan-makanan di atas ya!

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading