Sukses

Health

5 Penyebab Selangkangan Gatal dan Hitam dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Saat area Miss V atau selangkangan gatal tentu tidak mudah bagi kita untuk menggaruknya, terlebih area tersebut cukup sensitif bagi kita. Mungkin ketika kamu berada di dalam ruangan, menggaruk area gatal pada selangkangan bukan menjadi masalah tetapi ketika berada di luar ruangan menggaruk selangkangan dapat menjadi masalah. 

Rasa gatal pada area selangkangan tentu akan membuat kita tak tertahankan untuk menggaruknya, ketika menggunakan celana yang cukup ketat akan lebih sulit bagi kita untuk menggaruknya. Terkadang hal ini dapat terjadi karena adanya gesekan dengan pakaian yang kita gunakan. 

Selangkangan yang gatal biasanya akan menimbulkan masalah lainnya, seperti perubahan warna menjadi lebih gelap pada area selangkangan. Bagi kamu yang mengalami gatal pada selangkangan dan perubahan warna yang lebih gelap, berikut beberapa penjelasan, penyebab, dan cara mengatasi selangkangan yang gatal dan gelap:

1. Infeksi Jamur

Hal ini merupakan salah satu kondisi kulit pada area selangkangan yang umum dan mungkin terjadi oleh sebagian orang. Jika kamu sering berolahraga dan menggunakan pakaian yang ketat, biasanya akan membuat area tersebut menjadi lebih lembab dan menimbulkan jamur. Tanda umum yang mungkin terjadi pada area selangakangan adalah, warna kemerahan, gatal, dan bersisik pada area:

  • Alat kelamin.
  • Paha.
  • Pantat.
  • Area selangkangan.

Cara Mengatasinya : Kamu hanya perlu menjaga area tersebut tetap kering dan menerapkan beberapa perawatan untuk area selangkangan yang tepat, tak hanya itu kamu juga perlu menemui dokter untuk perawatan lebih lanjut.

2. Infeksi Ragi

75% perempuan akan mengalami infeksi jamur pada area selangkangan atau Miss V, terutama jika kamu sering menggunakan pakaian sintesis yang ketat merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari gatal pada area tersebut. Gatal pada area selangkangan juga dapat disebut sebagai candidiasis yang dapat menyerang kamu, hal ini juga dapat mengakibatkan keputihan, gatal, dan rasa terbakar.

Cara Mengatasinya : Kamu perlu bertemu dengan dokter untuk perawatan yang lebih lanjut dan memastikan apa saja penyebab gatal pada selangkangan yang mungkin kamu alami, Dokter akan memberikan perawatan yang tepat untuk rasa gatal yang kamu alami.

3. Reaksi Alergi atau Iritasi

Ini merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari selangkangan gatal dan hitam yang mungkin kamu rasakan, dan mudah diobati. Bagi perempuan akan sangat rentan terkena masalah tersebut karena penggunaan produk area Miss V, seperti pembersih, atau penggunaan softex. Beberapa produk yang memiliki efek wangi juga dapat mempengaruhi area selangkangan yang gatal dan hitam.

Cara Mengatasinya : Kamu perlu menghindari atau mengurangi beberapa produk yang dapat meningkatkan sensitifitas pada area tersebut, seperti berhenti menggunakan produk yang mengandung aroma dan beberapa produk yang dapat menyebabkan infeksi.

4. Psoriasis

Jika kamu merupakan salah satu penderita psoriasis, penting untuk tahu bahwa psoriasis dapat berkembang pada area genital, yang muncul pada beberapa area seperti berikut:

  • Skrotum.
  • Vulva.
  • Kerutan di Pantat.
  • Paha Atas.

Seseorang yang menderita psoriasis mungkin akan mengembangkan pada area genital mereka, selain itu psoriasis juga akan membuat seseorang mengalami rasa gatal yang tak tertahankan dan sangat sakit.

Cara Merawatnya : Jika kamu mengalami psoriasis yang cukup umum, mungkin akan lebih mudah untuk diobati. Karena area genital cukup sensitif maka perawatan ini biasanya akan berbeda dari perawatan lainnya. 

5. Lichen Planus

Kondisi umum dari lichen planus biasanya akan mengakibatkan ruam kecil dan benjolan gatal pada kulit. Ketika berkembang pada area genital akan menyebabkan bercak merah yang dapat membuat rasa gatal dan terbakar pada area tersebut. Selain itu lichen planus juga dapat berkembang di area genital lainnya, seperti:

  • Vagina.
  • Vulva.
  • Anus.

Cara Mengatasinya : Pengobatan yang tepat tentu dapat meredakan dan mengobati rasa tak tertahankan, serta meredakan gejala lainnya yang mungkin akan muncul.

Jika kamu mengalami beberapa permasalah atau gejala lainnya pada area selangkangan, ada baiknya untuk periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan serta perawatan yang tepat. Jangan sembarangan untuk mengobati masalah tersebut, karen area tersebut cukup sensitif jika tidak menggunakan pengobatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading