Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Health

8 Tanda Miss V Tidak Sehat dan Mengalami Masalah

Fimela.com, Jakarta Dibandingkan kesehatan kulit wajah, sepertinya kesehatan organ intim perempuan lebih jarang diperhatikan. Tapi bukan berarti kita bisa abai dengan risiko penyakit atau masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada area kewanitaan.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar Miss V selalu sehat, salah satunya adalah mengetahui tanda-tanda ketika organ tersebut tidak sehat. Seperti dilansir dari Popsugar, sekian tanda inilah yang menunjukkan bahwa vagina sedang tidak sehat.

1. Kering dan iritasi

Miss V yang kering dan iritasi bisa menjadi pertanda kurangnya kebersihan organ intim, terkadang disebabkan oleh menopause, kata ginekolog Ronald D. Blatt, M.D. Menopause dapat menyebabkan gejala-gejala ini, baik di dalam maupun di luar Miss V.

2. Bau amis atau busuk

Miss V yang sehat tidak akan menimbulkan bau amis. Organ intim ini memang memiliki aroma tersendiri tapi tidak amis seperti ikan. Bau amis disertai dengan keputihan tak biasa bisa menjadi tanda bakterial vaginosis, yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berlebihan dan ketidakseimbangan pH di area vagina.

3. Gatal atau keputihan yang tidak teratur

Jika keluar cairan putih hingga kekuningan yang terlihat seperti yogurt, Miss V mungkin mengalami infeksi jamur. Dapat juga disebabkan oleh penggunaan antibiotik, pH yang tidak seimbang, pakaian dalam yang terlalu ketat atau terlalu tinggi konsumsi gula.

4. Sensasi terbakar saat buang air kecil

Perasaan terbakar biasanya merupakan gejala dari masalah infeksi di saluran kemih dan sering disebabkan oleh hubungan seks. Penyakit striktur uretra, prostatitis, dan batu ginjal juga menjadi kemungkinan penyebab gejala ini.

5. Sakit saat memasukkan tampon atau berhubungan intim

Hubungan intim yang menyakitkan bisa menjadi pertanda masalah psikologis, tapi bisa juga karena infeksi penyakit menular seksual yang berbahaya.

6. Lepuh yang panas dan menyakitkan

Di area sekitar vagina tampak ada lepungan-lepuhan berisi air dan membengkak? Ini bisa menjadi tanda kamu memiliki infeksi menular seksual, seperti herpes.

7. Pendarahan yang tidak teratur

Pendarahan atau bercak yang terjadi saat Anda tidak sedang menstruasi bisa menjadi ketidakseimbangan hormon yang sering disebabkan oleh obat KB, stres atau bahkan tanda kehamilan. Pendarahan setelah berhubungan seks bisa menjadi tanda kanker serviks, periksakan segera ke dokter.

8. Infeksi vagina terus menerus

Jika sering mengalami infeksi jamur, infeksi bakteri, atau penyakit seksual menular, kamu mungkin perlu mengistirahatkan Miss V dari aktivitas seksual apa pun. Menjaga kebersihannya, kelola stres dan perbaiki pola makan.

Yuk lebih perhatian dengan kesehatan Miss V dan kenali setiap tanda ketika Miss V tidak sehat!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading