Sukses

Health

5 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Flu

Fimela.com, Jakarta Saat ini cuaca yang kurang mendukung membuat siapa saja rentan terkena flu. Semnetara itu, flu menjadi salah satu masalah kesehatan yang saat ini cukup ditakuti. Terlebih lagi ketika kasus covid 19 terus meningkat setiap harinya. 

Flu merupakan salah satu penyakit yang tak bisa dianggap remeh begitu saja. Meski penyakit ini bisa sembuh sendiri dengan istirahat yang cukup, kita tetap perlu mengonsumsi obat dan mengonsumsi makanan yang bisa meringankan flu. Flu yang dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan berbagai penyakit lain yang lebih berbahaya bagi kesehatan. 

Ketika mengalami flu, melansir dari laman health.com ada beberapa makanan sehat yang sebaiknya kamu konsumsi untuk meringankan flu yang ada. Beberapa makanan tersebut antara lain sebagai berikut.

Makanan Untuk Meringankan Flu

1. Sayur Sop

Makanan pertama yang sebaiknya dikonsumsi saat flu adalah sayur sop. Masakan yang terbuat dari berbagai sayuran ini akan membuat daya tahan tubuh lebih kuat. Tambahan berupa daging ayam atau daging dalam sayur sop juga bisa meningkatkan stamina selama flu sehingga flu perlahan bisa reda. Sebaiknya sayur sop dikonsumsi saat masih hangat dengan tujuan untuk meringankan risiko hidung tersumbat saat flu. 

2. Pisang

Makanan selanjutnya yang sebaiknya dikonsumsi saat flu adalah pisang. Buah pisang mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh agar lebih sehat. Ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang melawan virus penyebab flu. Pisang juga menjadi salah satu buah yang baik untuk sistem pencernaan selama kamu menderita flu. 

3. Daging Ayam

Daging ayam juga menjadi menu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi saat flu. Untuk mendapatkan manfaat sehat yang maksimal dari daging ayam, kamu bisa memasak daging ayam sebagai sup atau soto. 

4. Rempah-Rempah

Saat flu melanda sebaiknya kamu mengonsumsi rempah-rempah seperti kunyit, kayu manis, jahe, kencur dan batang serai. Buatlah minuman hangat dari rempah-rempah ini agar tubuh lebih hangat dan imun tubuh meningkat. Tambahkan gula aren atau madu untuk membuat minuman dari rempah-rempah ini semakin manis. 

5. Makanan Pedas

Makanan pedas sebaiknya juga dikonsumsi saat kamu menderita flu. Makanan pedas selera makan meningkat di kala flu melanda. Biasanya, saat flu kita akan mudah bosan dengan berbagai makanan di sekitar kita. Meski makanan pedas disarankan untuk dikonsumsi saat flu, pastikan agar tidak mengonsumsi makanan pedas berlebihan karena ini hanya akan meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya misalnya diare. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat flu. Semoga informsi ini bermanfaat. JIka flu yang diderita lebih dari 4 hari dan disertai panas tinggi atau masalah kesehatan lainnya, segera periksakan diri ke dokter. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading